PENGARUH KEAKTIFAN BERTANYA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.34-40Abstract
ABSTRAKBelajar adalah proses untuk merubah perilaku dan pola pikir sesorang. Upaya meningkatkan hasil belajar salah satunya adalah keaktifan bertanya siswa saat pembelajaran. Keaktifan bertanya siswa melalui diskusi kelompok lebih efektif. Penelitian dilakukan di SDN jogorogo 1. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan bertanya terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah ekperimen. Desain Nonequivalent Control Group Design. Subyek penelitian dilalukan pada siswa kelas VI dengan jumlah siswa kelas A sebanyak 23 anak dan kelas B sebanyak 23 anak. Hasil penghitungan denga menggunakan software SPSS versi 25 hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata pretest 49.6 dan posttes 85.9 selisih 36.3. Nilai raata-rata kelas control pretest 56.7 dan posttes 80.4 selisih 23.7. Maka idapat disimpulkani bahwai selisih nilaii irata-rata kelasi eksperimeni lebihi besar darii inilai irata-rata kelasi control. Jika thitung>ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. H0 mendefinisikan tidak terjadinya pengaruh keaktifan bertanya dan Ha mendefinisikan terdapat pengaruh keaktifan belajar. Dalam tabel tersebut thitung>ttabel sehingga terdapat pengaruh keaktifan bertanya terhadap hasil belajar siswa. Nilai signifikansi menunjukkan 0.030 yang kurang dari 0.05 dapat diartikan terdapat pengaruh keaktifan bertanya terhadap hasil belajar siswa.Kata kunci: Belajar, Hasil Belajar, Keaktifan Bertanya.References
REFERENSI
Al, H., Subali, B., & Rusilowati, A. (2018). Penerapan model pembelajaran Inquiry Pic t orial Riddle untuk meningkatkan keaktifan siswa The Implementation of Inquiry Pictorial Riddle Learning Model to Increase Students ’ Activity. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan, 4(2), 6–12. https://doi.org/10.2572/jpfk.v4i2.1879
Astuti, M. S. (2019). Peningkatan Keterampilan Bertanya Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Sdn Slungkep 03 Menggunakan Model Discovery Learning. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 10. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p10-23
Djoko Hari Supriyanto, Nurul Hidayah, F., & Prima Rias Wana. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Siswa Kelas 3 Pada Mata Pelajaran Tematik di SDN Kedunggalar IV. Inventa, 5(2), 212–219. https://doi.org/10.36456/inventa.5.2.a3819
Faradila, D. (2020). Pengaruh Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Di Man 1 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. http://digilib.iain-jember.ac.id/id/eprint/1094
Harapan, U. P. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry, 2(2), 40–48.
Intan, Y., & Gunawan, P. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Keaktifan Siswa dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa. Khazanah Akademia, 2(1), 74–84.
Khusniyah, T. W., Sahruli, J. N., Mariyati, & Ariyanto, R. (2022). Pemanfaatan Laboratorium Virtual Ipa Sebagai Upaya. Jurnal Elementary, 5(1), 95–99.
Muhudiri, F. (2020). Pengaruh Keaktifan Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sampolawa. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7(1), 87–92.
Musfiroh, A., Musfiroh, A., & Nugraheni, A. S. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Multimedia Interaktif Pada Siswa Kelas Vi Sd/Mi Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Holistika, 5(1), 47–53. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/9738
Ningsih, P. R., Hidayat, A., & Kusairi, S. (2018). Penerapan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas III. Jurnal Pendidikan: Teori , Penelitian Dan Pengembangan, 3(12), 1587–1593. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Nurgiansah, H., & Dewantara, J. A. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Penerapan Model Picture And Picture Dalam. Jurnal Publikasi Pendidikan, 11.
Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145–150.
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724.
Prijanto, J. H., & Kock, F. De. (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online. Jurnal Pemdidika
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).