PENGARUH TEKNIK JARIMATIKA TERHADAP KETERAMPILAN BERHITUNG PERKALIAN SISWA KELAS IV SDN JOGOROGO 1 KECAMATAN JOGOROGO, KABUPATEN NGAWI
Abstract
ABSTRAK
Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh dari penggunakan teknik jarimatika terhadap keterampilan berhitung perkalian siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan desai penelitian Nonequivalent control group desaign. Penlitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Jogorogo 1 Kecamatan Kedunggalar Kabupten Ngawi. Secara keseluruhan SD Negeri di ngawi sebanyak 509. Populasi dari penelitian ini yaitu 261 siswa, sampel yang digunakan penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Untuk pengambilan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes berupa pilihan ganda. Setelah data terkumpul dilakukan uji hipotesis uji T Paired Sample oleh peneliti untuk menentuka pengaruh metode jarimatika pada pembelajaran perkalian. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan teknik jarimatika terhadap keterampilan berhitung perkalian siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian uji ti testi diperolehi nilaii t hitungi sebesari 2,043i lebihi besari idari ti tabeli sebesari 2,007i (2,043>2,007)i dani nilaii signifikansii sebesari 0,046i lebihi kecili darii i0,05 (0,046<0,05)i padai tarafi signifikansii 5%. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa teknik jarimatika berpengaruh terhadap keterampilan berhitung pada siswa sekolah dasar di SDN Jogorogo 1 Kabupaten Ngawi.
Kata kunci: Teknik jarimatika, perkalian, hitung perkalian
Full Text:
PDFReferences
REFERENSI
Afriani, D., Fardila, A., Septian, G. D.,Margakaya, S., Ciranggon, J., Karawang, P. M., Sukamaju, S., Sukamaju, K., Barat, P. B., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., & Cimahi, K. (2019). Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 02(05), 5.
Bahar, E. E., & Syahri, A. A. (2021). Pelatihan Jarimatika Sebagai Cara Mudah Menghafal Perkalian Dasar Di Upt Spf Sdn 124 Batuasang. Jurnal Abdimas Indonesia, 1(2), 54–60. https://doi.org/10.53769/jai.v1i2.79
Bete, M. (2021). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Perkalian Siswa Kelas Iii Sd Inpres Sikumana 3 Kupang. SPASI : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(1), 86–99.
Chasanah, M. Z. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Jarimatika Terhadapa Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Ponorogo Tahun Akademik 2019/2020. Pendidikan Guru MI IAIN Ponorogo, 1–122.
Dewi, V. F., Suryana, Y., & Hidayat, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Jarimatika Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 79–87. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i2.26816
Djoko Hari Supriyanto. (2021). Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Proses Berfikir Siswa Kelas IV dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Modern, 6(2), 85–90. https://doi.org/10.37471/jpm.v6i2.208
Fatati, A. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Jarimatika Terhadap Keterampilan Berhitung Perkalian. FKIP UNS.
Hardiyanti, S., Maulana, M., & Julia, J. (2017). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbantuan Jarimatika Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Keterampilan Berhitung Siswa Pada Materi Perkalian. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 881–890.
Himmah, K., Asmani, J. M., & Nuraini, L. (2021). Efektivitas Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(1), 57–68. https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.270
Idham Sumirat, T. W. (2017). Pengaruh Praktik Jarimatika Terhadap Keterampilan Berhitung Perkalian Pada Siswa Kelas Ii Sd. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1).
Indiastuti, T. (2021). Pengaruh Metode Jarimatika Perkalian Pada Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar MIN 1 Madiun. Indonesian Science Education Journal, 2(3), 137–143.
Kurniawan, C. (2020). Menumbuhkan Rasa Senang Berhitung Dengan Metode Jarimatika Pada Siswa Tk. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 2(2), 1–6. https://doi.org/10.33503/prismatika.v2i2.690
Muslihah, N. N., & Tiawati, L. (2021). Analisis Metode Jari Magic ( Jarimatika ) dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian dan Motivasi Belajar Siswa. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Institut Pendidikan Indonesia, 1(1), 29–41.
Nurmaulani, D., Ramadhani, E., Kuswidyanarko, A., & Info, A. (2022). Efektivitas penggunaan metode jarimatika terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari jenis kelamin. Khazanah Pendidikan, 16(1), 74–83. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i1.12696
Panjaitan, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menghitung Perkalian Melalui Metode Jarimatika Pada Siswa Kelas Iii Sdn 106162 Kec. Medan Estate. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 8(2), 200–208. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i2.10257
Piaget, J. (1981). La Teoría De Piaget. Infancia y Aprendizaje, 4(sup2), 13–54. https://doi.org/10.1080/02103702.1981.10821902
Putra, I. S. (2022). Kontribusi Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Numerik Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(1), 55–64. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i1.55-64
DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.41-48
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License