PENGARUH MODEL TEMATIK TERHADAP KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI JAGAKARSA 09 PAGI

Nurkhayati Nurkhayati, Apri Utami Parta Santi

Abstract


This study aims was to find out how much influence of thematic model on teacher creativity in SDN Jagakarsa 09 Pagi. This type of research is quantitative research using survey method with population of all teachers of SDN Jagakarsa 09 Pagi. The sample is all teachers amaunt18 people. Data collection techniques used with observations and questionnaires. Data analysis techniques with the help of SPSS type 15.00. The results showed that there is a significant influence on the thematic model on the creativity of teachers SDN. This can be seen from the results of testing the correlation coefficient obtained for 0.932 and F test results show Fcount of 54.344> Ftable of 4.49. While the value of determination coefficient obtained 77.3%. It can be concluded that the effect of thematic model on teacher creativity is 77,3%. The rest 22,7% teacher creativity is influenced by factors not involved in this research.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model tematik terhadap kreativitas guru di SDN Jagakarsa 09 Pagi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode survey dengan populasi seluruh guru SDN Jagakarsa 09 Pagi. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi dan angket. Teknik analisis data dengan bantuan SPSS tipe 15.00. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model tematik terhadap kreativitas guru SDN. Hal ini terlihat dari hasil pengujian koefisien korelasi yang didapat sebesar 0,932 dan hasil uji F menunjukkan Fhitung sebesar 54,344> Ftabel  sebesar 4,49. Sedangkan nilai koefisien determinasi diperoleh 77,3%. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh model tematik terhadap kreativitas guru sebesar 77,3% sisanya 22,7% kreativitas guru dipengaruhi oleh faktor yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini


Full Text:

PDF

References


Al-Khaili,S.A.A. (2005). Mengembangkan Kreativitas Anak. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar

Anshori, Sodiq. (2014). Pembelajaran Tematik (Tematik Integrative) Mata Pelajaran IPS pada Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah PGSD Vol. 6 (2) : (42-53).

Daryanto. (2014). Pembelajan Tematik Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Yogyakarta: Gava Media

Kadir, Abad & Asrohah, Hanun. (2014). Pembelajaran Tematik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kadir. (2015). Statistika Terapan Konsep, Contoh dan Analisis Data Dengan Program SPSS/Lisrel Dalam Penelitian. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Kurniati, E & Rachmawati, Y. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenada Media Group

Kurniawan, Dedi. (2014). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta

Prastowo, Andi. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogyakarta: Diva Press

Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian Untuk guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: Alfabeta.

Syaikhudin, Ahmad. (2013).Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Lisan Al-Hal Vol.5 (2) : (301-318).

Usman, Uzer. M. (2010). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Utami, Endang.S. (2015). Penerapan Strategi Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Paradigma Vol. 2 (1) : (46-60).




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.1.2.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ