MEDIA PEMBELAJARAN BCCT (BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME) BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.2.1.%25pAbstract
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menemukan media pembelajaran BCCT (Beyond Center And Circle Time) berbasis multiple intelligences. Penelitian ini dilakukan di MI Plus kota Tangerang Asy-Syukriyyah dengan 14 siswa dari kelas 1 B sebagai subjek penelitian. Alasan untuk subjek yang dipilih adalah karena kelas yang unik dan memerlukan penanganan khusus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan untuk metode penelitiannya mengikuti aliran penelitian secara bertahap progresif dari Spradley. Proses pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen, sedangkan analisis data terdiri dari: analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponen, dan tema analisis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran BCCT berdasarkan multiple Intelligence di MI Plus Asy-Syukriyyah membangun tujuh kecerdasan, antara lain: kecerdasan linguistik, logika-matematic, spasial, interpersonal, intrapersonal, kinestetik, dan natural.References
Carnegie, Dale. 2015. Sukses
Berkomunikasi. Jakarta: Gramedia,
Chatib, Munif. 2013. Gurunya Manusia,
Bandung:Mizan Pustaka
Depdiknas. 2006. Pendekatan Sentra dan
Lingkaran dalam Pendidikan Anak
UsiaDini. Jakarta: Depdiknas
Hoerr, Thomas R. 2007. diterjemahkan oleh
Ary Nilandari, Buku Kerja Multiple
Intelligences. Bandung: Mizan
Pustaka
Mufrihatin. 2008. Aplikasi Metode BCCT
(Beyond Centers and Circle Times)
dalam Pembelajran Pendidikan Agaman Pada Anak Usia Dini.
Yogyakarta: UNI Sunan Kalijaga
Mustaqim. 2004. Psikologi Pendidikan.
Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN
Walisongo
Nuha, Ulin. 2016. Ragam Metodologi &
Media Pembelajaran Bahasa Arab,
Yogyakarta: Diva Press
Power, Brain. 2005. Permainan Berbasis
Sentra Pembelajaran. Jakarta :
Erlangga
Puspitasari, Mukti Diyah. 2012.
Implementasi Pembelajran Beyond
Center and CircleTime di Kelompok
Bermain (KB) Surya Ceria Aisyiyah
(SCA)Karanganyar. Yogyakarta:
UNY
Sharon E. Smaldino, Deborah L. Lowther
and James D. Russel, 2005.
Instructional Technology and Media
For Learning. Upper Saddle River,
New Jersey: Pearson Education, Inc,
Spradley, James P. 1980. Participant
Observation, USA: Holt, Rinehart
and Witston
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).