UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL LISTEN AND DRAW
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena pembelajaran matematika, khususnya materi bangun datar yang masih sulit dipahami siswa, karena guru masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah, sehingga peneliti tergerak untuk meneliti bagaimana cara meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar dengan menggunakan model listen and draw. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Hipotesis penelitian ini adalah, dengan model pembelajaran listen and draw dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar pada siswa kelas 3 SDN Teluk Pucung VI Kota Bekasi. Hasil penelitian telah mencapai target keberhasilan. Prosentase yang diperoleh pada pra siklus sebesar 47%, pada siklus I sebesar 76%, dari pra siklus ke siklus I terjadi kenaikan sebesar 28%. Siklus II sebesar 84%, yang berarti terjadi kenaikan dari siklus I ke siklus II sebesar 12%. Berdasarkan seluruh kegiatan penelitian tindakan kelas, dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran listen and draw dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar pada siswa kelas 3 SDN Teluk Pucung VI Kota Bekasi
Full Text:
PDFReferences
Tiurlina, 2006. Model Pembelajaran Matematika, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Untoro, 2006. Buku Pintar Matematika. Jakarta: Wahyu Media
Tarigan , 2006. Pembelajaran Matematika Realistik Jakarta : Depdiknas
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta
Tampubolon, S. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.
Sudijono, A. 2017. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.3.1.45-48
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License