UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL LISTEN AND DRAW

Farhan Prakoso, Sriyanti Rahmatunnisa

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi karena pembelajaran matematika, khususnya materi bangun datar yang masih sulit dipahami siswa, karena guru masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah, sehingga peneliti tergerak untuk meneliti bagaimana cara meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar dengan menggunakan model listen and draw. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Hipotesis penelitian ini adalah, dengan model pembelajaran listen and draw dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar pada siswa kelas 3 SDN Teluk Pucung VI Kota Bekasi. Hasil penelitian telah mencapai target keberhasilan.  Prosentase yang diperoleh pada pra siklus sebesar 47%, pada siklus I sebesar 76%, dari pra siklus ke siklus I terjadi kenaikan sebesar 28%. Siklus II sebesar  84%, yang berarti terjadi kenaikan dari siklus I ke siklus II  sebesar 12%. Berdasarkan seluruh kegiatan penelitian tindakan kelas, dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran listen and draw dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar pada siswa kelas 3 SDN Teluk Pucung VI Kota Bekasi


Full Text:

PDF

References


Tiurlina, 2006. Model Pembelajaran Matematika, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Untoro, 2006. Buku Pintar Matematika. Jakarta: Wahyu Media

Tarigan , 2006. Pembelajaran Matematika Realistik Jakarta : Depdiknas

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta

Tampubolon, S. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Sudijono, A. 2017. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.3.1.45-48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ