UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL LISTEN AND DRAW
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.3.1.45-48Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena pembelajaran matematika, khususnya materi bangun datar yang masih sulit dipahami siswa, karena guru masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah, sehingga peneliti tergerak untuk meneliti bagaimana cara meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar dengan menggunakan model listen and draw. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Hipotesis penelitian ini adalah, dengan model pembelajaran listen and draw dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar pada siswa kelas 3 SDN Teluk Pucung VI Kota Bekasi. Hasil penelitian telah mencapai target keberhasilan. Prosentase yang diperoleh pada pra siklus sebesar 47%, pada siklus I sebesar 76%, dari pra siklus ke siklus I terjadi kenaikan sebesar 28%. Siklus II sebesar 84%, yang berarti terjadi kenaikan dari siklus I ke siklus II sebesar 12%. Berdasarkan seluruh kegiatan penelitian tindakan kelas, dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran listen and draw dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar pada siswa kelas 3 SDN Teluk Pucung VI Kota BekasiReferences
Tiurlina, 2006. Model Pembelajaran Matematika, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Untoro, 2006. Buku Pintar Matematika. Jakarta: Wahyu Media
Tarigan , 2006. Pembelajaran Matematika Realistik Jakarta : Depdiknas
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta
Tampubolon, S. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.
Sudijono, A. 2017. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Downloads
Published
2019-11-26
How to Cite
Prakoso, F., & Rahmatunnisa, S. (2019). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL LISTEN AND DRAW. Jurnal Holistika, 3(1), 45–48. https://doi.org/10.24853/holistika.3.1.45-48
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).