PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PANCA INDERA MELALUI MEDIA GYPSUM
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.3.1.49-52Abstract
Penulisan ini dilatarbelakangi karena pembelajaran ilmu pengetahuan alam khususnya materi panca indera tidak menggunakan media pembelajaran, sehingga penulis tergerak untuk meneliti bagaimana cara meningkatkan hasil belajar materi panca indera dengan menggunakan media gypsum. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar materi panca indera dengan cara menggunakan media gypsum. Metode yang digunakan yaitu menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan 4 kali pertemuan pada setiap siklusnya, dengan hipotesis melalui media gypsum dapat meningkatkan hasil belajar panca indera pada kelas IV di SD Negeri Medan Satria IX. Hasil penelitian peningkatan hasil belajar panca nindera telah mencapai indikator keberhasilan, pada siklus I sebesar 61% dan siklus II sebesar 86% terjadi kenaikan sebesar 25%. Berdasarkan seluruh kegiatan penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan media gypsum dapat meningkatkan hasil belajar panca indera siswa kelas IV SD Negeri Medan Satria IXReferences
Djali, H dan Pudji M. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo
Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Salahudin, A. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Pustaka Setia.
Tampubolon, S. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.
Sudijono, A. 2017. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Downloads
Published
2019-11-26
How to Cite
Anggraini, D., & Rahmatunnisa, S. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PANCA INDERA MELALUI MEDIA GYPSUM. Jurnal Holistika, 3(1), 49–52. https://doi.org/10.24853/holistika.3.1.49-52
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).