PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PANCA INDERA MELALUI MEDIA GYPSUM

Desi Anggraini, Sriyanti Rahmatunnisa

Abstract


Penulisan ini dilatarbelakangi karena pembelajaran ilmu pengetahuan alam khususnya materi panca indera tidak menggunakan media pembelajaran, sehingga penulis tergerak untuk meneliti bagaimana cara meningkatkan hasil belajar materi panca indera dengan menggunakan media gypsum. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar materi panca indera dengan cara menggunakan media gypsum. Metode yang digunakan yaitu menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan 4 kali pertemuan pada setiap siklusnya, dengan hipotesis melalui media gypsum dapat meningkatkan hasil belajar panca indera pada kelas IV di SD Negeri Medan Satria IX. Hasil penelitian peningkatan hasil  belajar panca nindera telah mencapai indikator keberhasilan, pada siklus I sebesar 61% dan siklus II sebesar 86% terjadi kenaikan sebesar 25%. Berdasarkan seluruh kegiatan  penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan media gypsum dapat meningkatkan hasil belajar panca indera siswa kelas IV SD Negeri Medan Satria IX

Full Text:

PDF

References


Djali, H dan Pudji M. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Salahudin, A. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Pustaka Setia.

Tampubolon, S. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Sudijono, A. 2017. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.3.1.49-52

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ