PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MEDIA MENARA HANOI DAN ORIGAMI
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.3.1.53-56Abstract
Penulisan penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya penggunaan media pembelajaran matematika yang efektif pada materi bangun datar, sehingga peneliti tergerak untuk meneliti bagaimana cara meningkatkan hasil belajar materi bangun datar dengan menggunakan media menara hanoi yang di modifikasi dan origami. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar materi bangun datar dengan cara menggunakan media menara hanoi dan origami. Metode yang digunakan yaitu menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan 4 kali pertemuan pada setiap siklusnya, dengan hipotesis melalui media menara hanoi dan origami dapat meningkatkan hasil belajar bangun datar pada kelas III di SD Negeri Karang Satria 02 Bekasi. Hasil penelitian peningkatan hasil belajar bangun datar telah mencapai indikator keberhasilan, pada siklus I sebesar 70,3% dan siklus II sebesar 85,28% terjadi kenaikan sebesar 18,68%. Berdasarkan seluruh kegiatan penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan media menara hanoi dan origami dapat meningkatkan hasil belajar bangun datar siswa kelas III SD Negeri Karang Satria 02References
Arikunto, Suharsimi dkk.2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Bandung: CV Pustaka Setia.
Kurniawan, Deni.2014. Pembelajaran Terpadu Tematik. Bandung: CV Alfabeta
Sardiman, 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta:Raja Grafindo Perada
Sugiyono. 2014.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung : Alfabeta
Suprijono, Sanjaya.2008.Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Downloads
Published
2019-11-26
How to Cite
Juliawati, E. S., & Rahmatunnisa, S. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MEDIA MENARA HANOI DAN ORIGAMI. Jurnal Holistika, 3(1), 53–56. https://doi.org/10.24853/holistika.3.1.53-56
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).