PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MEDIA MENARA HANOI DAN ORIGAMI

Authors

  • Evani Sri Juliawati SDN Medan Satria III, Jl. Sultan Agung Pondok Ungu Bekasi, 17132
  • Sriyanti Rahmatunnisa PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Jl. KH. Ahmad Dahlan Ciputat Cirendeu Jakarta Selatan, 15419

DOI:

https://doi.org/10.24853/holistika.3.1.53-56

Abstract

Penulisan penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya penggunaan media  pembelajaran matematika yang efektif pada materi bangun datar, sehingga peneliti tergerak untuk meneliti bagaimana cara meningkatkan hasil belajar materi bangun datar dengan menggunakan media menara hanoi yang di modifikasi dan origami. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar materi bangun datar dengan cara menggunakan media menara hanoi dan origami. Metode yang digunakan yaitu menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan 4 kali pertemuan pada setiap siklusnya, dengan hipotesis melalui media menara hanoi dan origami dapat meningkatkan hasil belajar bangun datar pada kelas III di SD Negeri Karang Satria 02 Bekasi. Hasil penelitian peningkatan hasil belajar bangun datar telah mencapai indikator keberhasilan, pada siklus I sebesar 70,3% dan siklus II sebesar 85,28% terjadi kenaikan sebesar 18,68%. Berdasarkan seluruh kegiatan   penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan media menara hanoi dan origami dapat meningkatkan hasil belajar bangun datar siswa kelas III SD Negeri Karang Satria 02 

References

Arikunto, Suharsimi dkk.2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Bandung: CV Pustaka Setia.

Kurniawan, Deni.2014. Pembelajaran Terpadu Tematik. Bandung: CV Alfabeta

Sardiman, 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta:Raja Grafindo Perada

Sugiyono. 2014.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung : Alfabeta

Suprijono, Sanjaya.2008.Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Downloads

Published

2019-11-26

How to Cite

Juliawati, E. S., & Rahmatunnisa, S. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MEDIA MENARA HANOI DAN ORIGAMI. Jurnal Holistika, 3(1), 53–56. https://doi.org/10.24853/holistika.3.1.53-56

Issue

Section

Articles