ANALISIS KOMPETENSI KEPERIBADIAN MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUKABUMI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh hasil kompetensi siswa PGSD di Universitas Muhammadiyah Sukabumi, jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, populasi tingkat akhir siswa PGSD di Universitas Muhammadiyah Sukabumi, 65 siswa, data diperoleh melalui tulisan dan tes oral kemudian dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan kisaran nilai siswa dari 60 hingga 90 dengan skor rata-rata 74,35. Sementara itu, siswa perempuan yang dibebaskan memiliki rata-rata siswa yang lebih besar daripada siswa laki-laki.
Full Text:
PDFReferences
DEPDIKNAS, 2005. Peraturan Pemerintah RI No 19 Tahun 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta : Dirjen PMPTK Depdiknas
Jamaris Martini. 2013. Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan Bogor: Ghalia Indonesia,
Murdaningsih Dwi. Rendahnya Kompetensi Guru Menjadi Masalah Pendidikan Indonesia. https://republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/pq53k5368/rendahnya-kompetensi-guru-jadi-masalah-pendidikan-indonesia. [18 April 2019].
Ngalim Purwanto. (2004). Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nolen-Hoeksema, S. (2001). Gender differences in depression. Current
Directions in Psychological Science, 10(5), 173-16.
Syaiful Bahri Djamarah. (2000) Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Velden, Rolf van der (Ed.). (2015 (forthcoming)). De jongens tegen de sjes, Onderzoek naar verklaringen voor verschillen in studiesucces van jongens en meisjes in mbo, hbo en wo: Roa, CHEPS, VU Amsterdam
DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.3.2.99-104
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License