STUDI KOMPETENSI SOSIAL MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR ANGKATAN 2016 MELALUI UJIAN KOMPREHENSIF DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUKABUMI

Aditia Eska Wardana, Andi Nurochmah, Astri Sutisnawati

Abstract


Ujian komprehensif harus diikuti oleh siswa departemen pendidikan termasuk Departemen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penguasaan kompetensi sosial siswa melalui pengujian komprehensif program studi pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Wawancara dan tes dilakukan pada 65 siswa dari program studi pendidikan guru sekolah dasar, penguji ujian komprehensif yang terdiri dari delapan dosen PGSD UMMI. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguasaan kompetensi sosial siswa program studi pendidikan guru sekolah dasar melalui ujian komprehensif dikategorikan baik, karena mereka yang melampaui kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebesar 69% atau 45 siswa, sedangkan 31% atau sebanyak Sebanyak 20 siswa di bawah KKM untuk kompetensi sosial.


Full Text:

PDF

References


Barnawi dan Muhammad Arifi.2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005,Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Depdiknas.

Miles, Manthew B dan A. Michael Huberman.1992. Analisis Data Kualitatif (Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru). Terjemahan Tjejep Rohendi. Jakarta: UI Press.

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Prastowo, Andi. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rubin Adi Abraham, Kompetensi Sosial Guru, online: http://www.apb.or.id/?p=188kompetensisosialguru(Pdt.RubinAdiAbraham).7mei 20012

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.3.2.67-72

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

  

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ