PENGELOLAAN SATUAN PENDIDIKAN DALAM RANGKA MENCETAK INSAN GENERASI MUDA YANG UNGGUL DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Andi Nurochmah Administrasi Pendidikan,FIP, UNM, Jl.AP.Petta Rani Makassar, 90222
  • Astri Sutisnawati PGSD,FKIP,UMMI Sukabumi,Jl. Syamsuddin SH. No 50 Sukabumi, 43113
  • Aditia Eska Wardana PGSD,FKIP,UMMI Sukabumi,Jl. Syamsuddin SH. No 50 Sukabumi, 43113

DOI:

https://doi.org/10.24853/holistika.3.2.73-80

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah pengelolaan satuan pendidikan dalam rangka mencetak insan generasi muda yang unggul. Metode penelitian ini evaluasi. Alat pengumpulan data  yaitu, wawancara,  dokumentasi dan observasi. Berdasarkan pengolahan data  maka  pengelolaan satuan pendidikan  pada sekolah dasar dalam rangka mencetak generasi muda yang unggul adalah ditentukan oleh faktor  kemampuan kepala sekolah bersama guru, pengawas, dan orang tua siswa, sehingga kesiapan pimpinan sekolah dan guru dapat menyukseskan pendidikan dasar untuk dapat mencetak generasi muda yang unggul.Saran untuk kepala sekolah dasar hendaknya selalu memiliki upaya untuk peningkatkan kemampuan sebagai  pemimpin perubahan dan mengoptimalkan pembinaan kepada guru  agar menjadi lebih berkualitas dan profesional.

References

rikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT.

Rineka Cipta.

Blake,R.J.,&Mouton,J.S. 1985. The Managerial Grid III, Gulf Publising Company. Houston

Bryson, John M. 2001. Perencanaan Strategis bagi Organisasi Sosial.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Campbell, R.F., Corbally, J.E., & Nystrand, R.O. 1983. Instroduction to Educational Administration . Boston : Allyn and Bacon, Inc

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Penilaian Kinerja Guru.Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK

--------------,2019. Modul Peserta Pelatihan Nara Sumber Penguatan Kepala Sekolah.. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK

Engkoswara dan Komariah, A. 2010. Admiis-trasi Pendidikan. Bandung Alfabeta.

Glatthorn, Allan A. 1990. Supervisory Leader-ship: Introduction to Instructional Supervision. USA: Harper Collins Publishers.

Hamalik.O.2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Usman,Husaini.2009. Manajemen: Teori,Praktik dan Riset Pendidikan.Yogyakarta: Bumi Aksara

Komariah, A dan Triatna.C.2004. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif . Jakarta: Bumi Aksara

Mantja.W.2002.Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang: Wineka Media

Mulyasa,E.2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurdin, D dan Sibaweh.I. .2017. Pengelolaan Pendidikan dari Teori Menuju Imple-mentasi. Jakarta: Rajawali Pers. 2017.

Priatna, T. 2012. Etika Pendidikan , Panduan Bagi Guru Profesional. Bandung: Pustaka Setia

Sagala,Saiful. 2006. Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat. Strategi Memenangkan Persaingan Mutu Jakarta: Nirmas Multima. Cet.1

Sallis, Edwar. 2010. Total Quality Managemen In Education (dialih bahasa oleh Ahmad Ali Riyadi &Fahrurrozi) Manajemen Mutu Pendidikan. Yogyakarta : IrCisoD.

Saud.S.Udin.2008.Pengembangan Profesi Guru. Bandung:Alfabeta

Siagian,S.P. 2003.Teori dan Praktek Kepemim-pinan. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 2002. Dasar-Dasar Proses

Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru

Algesindo.

Downloads

Published

2019-11-27

How to Cite

Nurochmah, A., Sutisnawati, A., & Wardana, A. E. (2019). PENGELOLAAN SATUAN PENDIDIKAN DALAM RANGKA MENCETAK INSAN GENERASI MUDA YANG UNGGUL DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Holistika, 3(2), 73–80. https://doi.org/10.24853/holistika.3.2.73-80

Issue

Section

Articles