PENGELOLAAN SATUAN PENDIDIKAN DALAM RANGKA MENCETAK INSAN GENERASI MUDA YANG UNGGUL DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah pengelolaan satuan pendidikan dalam rangka mencetak insan generasi muda yang unggul. Metode penelitian ini evaluasi. Alat pengumpulan data yaitu, wawancara, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan pengolahan data maka pengelolaan satuan pendidikan pada sekolah dasar dalam rangka mencetak generasi muda yang unggul adalah ditentukan oleh faktor kemampuan kepala sekolah bersama guru, pengawas, dan orang tua siswa, sehingga kesiapan pimpinan sekolah dan guru dapat menyukseskan pendidikan dasar untuk dapat mencetak generasi muda yang unggul.Saran untuk kepala sekolah dasar hendaknya selalu memiliki upaya untuk peningkatkan kemampuan sebagai pemimpin perubahan dan mengoptimalkan pembinaan kepada guru agar menjadi lebih berkualitas dan profesional.
Full Text:
PDFReferences
rikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT.
Rineka Cipta.
Blake,R.J.,&Mouton,J.S. 1985. The Managerial Grid III, Gulf Publising Company. Houston
Bryson, John M. 2001. Perencanaan Strategis bagi Organisasi Sosial.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Campbell, R.F., Corbally, J.E., & Nystrand, R.O. 1983. Instroduction to Educational Administration . Boston : Allyn and Bacon, Inc
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Penilaian Kinerja Guru.Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK
--------------,2019. Modul Peserta Pelatihan Nara Sumber Penguatan Kepala Sekolah.. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK
Engkoswara dan Komariah, A. 2010. Admiis-trasi Pendidikan. Bandung Alfabeta.
Glatthorn, Allan A. 1990. Supervisory Leader-ship: Introduction to Instructional Supervision. USA: Harper Collins Publishers.
Hamalik.O.2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara
Usman,Husaini.2009. Manajemen: Teori,Praktik dan Riset Pendidikan.Yogyakarta: Bumi Aksara
Komariah, A dan Triatna.C.2004. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif . Jakarta: Bumi Aksara
Mantja.W.2002.Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang: Wineka Media
Mulyasa,E.2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurdin, D dan Sibaweh.I. .2017. Pengelolaan Pendidikan dari Teori Menuju Imple-mentasi. Jakarta: Rajawali Pers. 2017.
Priatna, T. 2012. Etika Pendidikan , Panduan Bagi Guru Profesional. Bandung: Pustaka Setia
Sagala,Saiful. 2006. Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat. Strategi Memenangkan Persaingan Mutu Jakarta: Nirmas Multima. Cet.1
Sallis, Edwar. 2010. Total Quality Managemen In Education (dialih bahasa oleh Ahmad Ali Riyadi &Fahrurrozi) Manajemen Mutu Pendidikan. Yogyakarta : IrCisoD.
Saud.S.Udin.2008.Pengembangan Profesi Guru. Bandung:Alfabeta
Siagian,S.P. 2003.Teori dan Praktek Kepemim-pinan. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 2002. Dasar-Dasar Proses
Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru
Algesindo.
DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.3.2.73-80
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License