PENGELOLAAN SATUAN PENDIDIKAN DALAM RANGKA MENCETAK INSAN GENERASI MUDA YANG UNGGUL DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.3.2.73-80Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah pengelolaan satuan pendidikan dalam rangka mencetak insan generasi muda yang unggul. Metode penelitian ini evaluasi. Alat pengumpulan data yaitu, wawancara, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan pengolahan data maka pengelolaan satuan pendidikan pada sekolah dasar dalam rangka mencetak generasi muda yang unggul adalah ditentukan oleh faktor kemampuan kepala sekolah bersama guru, pengawas, dan orang tua siswa, sehingga kesiapan pimpinan sekolah dan guru dapat menyukseskan pendidikan dasar untuk dapat mencetak generasi muda yang unggul.Saran untuk kepala sekolah dasar hendaknya selalu memiliki upaya untuk peningkatkan kemampuan sebagai pemimpin perubahan dan mengoptimalkan pembinaan kepada guru agar menjadi lebih berkualitas dan profesional.References
rikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT.
Rineka Cipta.
Blake,R.J.,&Mouton,J.S. 1985. The Managerial Grid III, Gulf Publising Company. Houston
Bryson, John M. 2001. Perencanaan Strategis bagi Organisasi Sosial.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Campbell, R.F., Corbally, J.E., & Nystrand, R.O. 1983. Instroduction to Educational Administration . Boston : Allyn and Bacon, Inc
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Penilaian Kinerja Guru.Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK
--------------,2019. Modul Peserta Pelatihan Nara Sumber Penguatan Kepala Sekolah.. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK
Engkoswara dan Komariah, A. 2010. Admiis-trasi Pendidikan. Bandung Alfabeta.
Glatthorn, Allan A. 1990. Supervisory Leader-ship: Introduction to Instructional Supervision. USA: Harper Collins Publishers.
Hamalik.O.2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara
Usman,Husaini.2009. Manajemen: Teori,Praktik dan Riset Pendidikan.Yogyakarta: Bumi Aksara
Komariah, A dan Triatna.C.2004. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif . Jakarta: Bumi Aksara
Mantja.W.2002.Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang: Wineka Media
Mulyasa,E.2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurdin, D dan Sibaweh.I. .2017. Pengelolaan Pendidikan dari Teori Menuju Imple-mentasi. Jakarta: Rajawali Pers. 2017.
Priatna, T. 2012. Etika Pendidikan , Panduan Bagi Guru Profesional. Bandung: Pustaka Setia
Sagala,Saiful. 2006. Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat. Strategi Memenangkan Persaingan Mutu Jakarta: Nirmas Multima. Cet.1
Sallis, Edwar. 2010. Total Quality Managemen In Education (dialih bahasa oleh Ahmad Ali Riyadi &Fahrurrozi) Manajemen Mutu Pendidikan. Yogyakarta : IrCisoD.
Saud.S.Udin.2008.Pengembangan Profesi Guru. Bandung:Alfabeta
Siagian,S.P. 2003.Teori dan Praktek Kepemim-pinan. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 2002. Dasar-Dasar Proses
Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru
Algesindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).