PERAN ETIKA DAN PROFESI KEPENDIDIKAN DALAM MEMBANGUN NILAI-NILAI KARAKTER MAHASISWA CALON GURU SD
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.27-36Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh karakter-karakter mahasiswa yang harus dibangun untukmenyiapkan mereka menjadi calon guru SD yang berakhlak mulia dan sesuai dengan tuntutan zaman.Dalam hal ini upaya yang dilakukan untuk membangun karakter mahasiswa PGSD dengan caramenempatkan perkuliahan Etika dan Profesi Kependidikan sebagai wadah untuk memberikanpendidikan karakter bagi mahasiswa PGSD. Guru yang professional bukan hanya guru yangmengandalkan materi semata, namun kualitas moral dan menjunjung tinggi nilai – nilai kode etikprofesi. Penelitian ini akan membahas beberapa kajian, antara lain (1) Karakter bagi calon guru SD;(2) Perencanaan Penanaman nilai-nilai kaakter dalam mata kulia Etika dan Profesi Kependidikan;(3) Langkah-langkah Kontribusi Mata Kuliah Etika Profesi dan Kependidikan dalam menanamkannilai-nilai karakter; (4) Integritas Mata Kuliah Etika Profesi dan Kependidikan dalam membangunKarakter Mahasiswa; (5) Evaluasi Proses Penerapan mata kuliah etika dan profesi kependidikan.References
Akbar, Ali Ibrahim. 2000. Pendidikan
Karakter. USA : Harvard University.
Al-Fandi, Haryanto. 2011. Desain
Pembelajaran Yang Demokratis &
Humanis. Yogyakarta: Ar-Ruzz
Media.
Bahar, Herwina. (2016). Etika & Profesi
Kependidikan. Tangerang Selatan:
Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Dharma, Kesuma, dkk. 2012. Pendidikan
Karakter Kajian Teori dan Praktik di
Sekolah. Bandung: PT Remaja
Rosdakaya.
Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nas
Downloads
Published
2020-06-02
How to Cite
Setiyaningsih, D. (2020). PERAN ETIKA DAN PROFESI KEPENDIDIKAN DALAM MEMBANGUN NILAI-NILAI KARAKTER MAHASISWA CALON GURU SD. Jurnal Holistika, 4(1), 27–36. https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.27-36
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).