PERAN ETIKA DAN PROFESI KEPENDIDIKAN DALAM MEMBANGUN NILAI-NILAI KARAKTER MAHASISWA CALON GURU SD

Authors

  • Dewi Setiyaningsih Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jalan KH. Ahmad Dahlan No. 1 Cirendeu-Ciputat Kota Tangerang Selatan

DOI:

https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.27-36

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh karakter-karakter mahasiswa yang harus dibangun untukmenyiapkan mereka menjadi calon guru SD yang berakhlak mulia dan sesuai dengan tuntutan zaman.Dalam hal ini upaya yang dilakukan untuk membangun karakter mahasiswa PGSD dengan caramenempatkan perkuliahan Etika dan Profesi Kependidikan sebagai wadah untuk memberikanpendidikan karakter bagi mahasiswa PGSD. Guru yang professional bukan hanya guru yangmengandalkan materi semata, namun kualitas moral dan menjunjung tinggi nilai – nilai kode etikprofesi. Penelitian ini akan membahas beberapa kajian, antara lain (1) Karakter bagi calon guru SD;(2) Perencanaan Penanaman nilai-nilai kaakter dalam mata kulia Etika dan Profesi Kependidikan;(3) Langkah-langkah Kontribusi Mata Kuliah Etika Profesi dan Kependidikan dalam menanamkannilai-nilai karakter; (4) Integritas Mata Kuliah Etika Profesi dan Kependidikan dalam membangunKarakter Mahasiswa; (5) Evaluasi Proses Penerapan mata kuliah etika dan profesi kependidikan.

References

Akbar, Ali Ibrahim. 2000. Pendidikan

Karakter. USA : Harvard University.

Al-Fandi, Haryanto. 2011. Desain

Pembelajaran Yang Demokratis &

Humanis. Yogyakarta: Ar-Ruzz

Media.

Bahar, Herwina. (2016). Etika & Profesi

Kependidikan. Tangerang Selatan:

Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Dharma, Kesuma, dkk. 2012. Pendidikan

Karakter Kajian Teori dan Praktik di

Sekolah. Bandung: PT Remaja

Rosdakaya.

Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang

Sistem Pendidikan Nas

Downloads

Published

2020-06-02

How to Cite

Setiyaningsih, D. (2020). PERAN ETIKA DAN PROFESI KEPENDIDIKAN DALAM MEMBANGUN NILAI-NILAI KARAKTER MAHASISWA CALON GURU SD. Jurnal Holistika, 4(1), 27–36. https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.27-36

Issue

Section

Articles