PERAN ETIKA DAN PROFESI KEPENDIDIKAN DALAM MEMBANGUN NILAI-NILAI KARAKTER MAHASISWA CALON GURU SD
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh karakter-karakter mahasiswa yang harus dibangun untuk
menyiapkan mereka menjadi calon guru SD yang berakhlak mulia dan sesuai dengan tuntutan zaman.
Dalam hal ini upaya yang dilakukan untuk membangun karakter mahasiswa PGSD dengan cara
menempatkan perkuliahan Etika dan Profesi Kependidikan sebagai wadah untuk memberikan
pendidikan karakter bagi mahasiswa PGSD. Guru yang professional bukan hanya guru yang
mengandalkan materi semata, namun kualitas moral dan menjunjung tinggi nilai – nilai kode etik
profesi. Penelitian ini akan membahas beberapa kajian, antara lain (1) Karakter bagi calon guru SD;
(2) Perencanaan Penanaman nilai-nilai kaakter dalam mata kulia Etika dan Profesi Kependidikan;
(3) Langkah-langkah Kontribusi Mata Kuliah Etika Profesi dan Kependidikan dalam menanamkan
nilai-nilai karakter; (4) Integritas Mata Kuliah Etika Profesi dan Kependidikan dalam membangun
Karakter Mahasiswa; (5) Evaluasi Proses Penerapan mata kuliah etika dan profesi kependidikan.
Full Text:
PDFReferences
Akbar, Ali Ibrahim. 2000. Pendidikan
Karakter. USA : Harvard University.
Al-Fandi, Haryanto. 2011. Desain
Pembelajaran Yang Demokratis &
Humanis. Yogyakarta: Ar-Ruzz
Media.
Bahar, Herwina. (2016). Etika & Profesi
Kependidikan. Tangerang Selatan:
Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Dharma, Kesuma, dkk. 2012. Pendidikan
Karakter Kajian Teori dan Praktik di
Sekolah. Bandung: PT Remaja
Rosdakaya.
Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nas
DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.27-36
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License