PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK & MOTIVASI TERHADAP EFIKASI DIRI GURU SDN GUGUS VI PALMERAH JAKARTA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.45-52Abstract
Penelitian ini bertujuan menguji kompetensi pedagogik dan motivasi terhadap efikasi diri guru.Penelitian ini memakai sampel guru di wilayah gugus VI kelurahan Palmerah Jakarta Barat sebanyak60 guru. Metode penelitian menggunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitianmenunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik dan motivasi terhadapefikasi diri guru. Analisis data digunakan uji signifikansi koefisiensi jalur variabel kompetensipedagogik dengan efikasi diri guru diperoleh nilai koefisien thitung 3,60. Nilai koefisien ttabel yaitu 3,60> 2,61 yang artinya kompetensi pedagogik berpengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri,analisis data variabel motivasi dengan efikasi diri diperoleh nilai koefisien thitung 5,04. Nilai koefisienttabel yaitu 5,04 > 2,61 yang berarti motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri,dan analisis data variabel kompetensi pedagogik dengan motivasi diperoleh nilai koefisien thitungsebesar 3,21. Nilai koefisien ttabel yaitu 3,21 > 2,62 artinya kompetensi pedagogik berpengaruh positifdan signifikan terhadap motivasi.References
Irwantoro, Nur dan Yusuf Suryana. 2016.
Kompetensi Pedagogik. Surabaya:
Genta Group Production.
Mulyasa, E. 2012. Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Priansa, Donni Juni. 2014. Kinerja dan
Profesionalisme Guru. Bandung:
Alfabeta.
Rakhmat, Jalaluddin. 2009. Psikologi
Komunikasi. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2012.
Psikologi Pendidikan. Semarang:
UNNES Press.
Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran.
Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rachmawati, Tutik dan Daryanto. 2013.
Penilaian Kinerja Profesi Guru dan
Angka Kreditnya. Yogyakarta: Gava
Media.
Santrock, John W. 2013. Psikologi Pendidikan
Edisi 5 Buku 5. Terjemahan oleh
Harya Bhimasena. New York:
McGraw Hill.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).