ANALISIS TEKNIK MENYIMAK PUISI MELALUI VIDEO ANIMASI PADA SISWA KELAS 2 SD NEGERI TRIHARJO

Authors

  • Arie Nur Azizah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Aninditya Sri Nugraheni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24853/holistika.4.2.114-120

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis teknik menyimak puisi melalui video animasi terhadap siswa kelas 2 SD Negeri Triharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian desktiptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan subjek sebagian siswa kelas 2 SD Negeri Triharjo dengan jumlah 10 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan media video animasi dapat meningkatkan keterampilan menyimak puisi pada siswa kelas2 SD Negeri Triharjo. Dapat dilihat dari ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran, menyimak puisi dengan menggunakan media video animasi menunjukan bahwa ketertarikan siswa semakin meningkat dikarenakan hampir seluruh siswa belum pernah membaca atau melihat puisi yang disimak pada video animasi. Keaktifan siswa juga bertambah sangat tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan jumlah siswa yang aktif memberikan tanggapan pertanyaan setelah menyimak puisi yang disajikan dalam bentuk media video animasi.Kata kunci: Analisis,menyimak puisi,media video animasiPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis teknik menyimak puisi melalui video animasi terhadap siswa kelas 2 SD Negeri Triharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian desktiptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan subjek sebagian siswa kelas 2 SD Negeri Triharjo dengan jumlah 10 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan media video animasi dapat meningkatkan keterampilan menyimak puisi pada siswa kelas2 SD Negeri Triharjo. Dapat dilihat dari ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran, menyimak puisi dengan menggunakan media video animasi menunjukan bahwa ketertarikan siswa semakin meningkat dikarenakan hampir seluruh siswa belum pernah membaca atau melihat puisi yang disimak pada video animasi. Keaktifan siswa juga bertambah sangat tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan jumlah siswa yang aktif memberikan tanggapan pertanyaan setelah menyimak puisi yang disajikan dalam bentuk media video animasi.Kata kunci: Analisis,menyimak puisi,media video animasi

References

REFERENSI

Tarigan, HG. (1986) Menyimak sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa

Pritasari, R(2014) Penggunaan media film kartun untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal JPGSD. Volume 02 Nomor 02 Tahun 2014.

Putri, F. (2016) Peningkatan keterampilan menyimak cerita pendek dengan menggunakan media audio visual film animasi pada siswa kelas V B SD N Kasiah. Skripsi UNY, Yogyakarta, tidak diterbitkan.

Pengembangan media video animasi untuk pembelajaran memproduksi teks laporan hasil observasi(2017). (online) tersedia :

http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi

Saputri, R. (2018) Analisis keterampilan berbicara siswa kelas tinggi pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 2 Selo. Strata 1 UMS, Surakarta, tidak diterbitkan.

Arimas, K.(2019) Peningkatan keterampilan membaca aksara jawa melalui media audiovisual pada siswa kelas V SD Negeri 2 Padokan Bantul, Skripsi UST, Yogyakarta, tidak diterbitkan.

Keterampilan berbahasa aspek menyimak(2012).(online) Tersedia:

https://ariefmawan.blogspot.com/2012/09/keterampilan.html?m=l

Rahmalia, R. (2014) Pengaruh penggunaan media audio terhadap pembelajaran menyimak puisi di kelas X SMA Negeri 6 Tangerang Selatan, Skripsi UIN Syahid. Jakarta, tidak diterbitkan.

Triyadi, S. (2015) Efektivitas penggunaan media audiovisual untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa pada mata pelajaran pendidikan bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan UNSIKA, Volume 03 Nomer 02, November 2015.

Harviyanto, N. (2013) Peningkatan keterampilan menyimak berita menggunakan metode listening in action dan teknik rangsang teks rumpang melalui media audio pada siswa kelas VIII B SMP N 2 BOJA

Downloads

Published

2020-11-25

How to Cite

Azizah, A. N., & Nugraheni, A. S. (2020). ANALISIS TEKNIK MENYIMAK PUISI MELALUI VIDEO ANIMASI PADA SISWA KELAS 2 SD NEGERI TRIHARJO. Jurnal Holistika, 4(2), 114–120. https://doi.org/10.24853/holistika.4.2.114-120

Issue

Section

Articles