PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA SISWA KELAS VI SD/MI DI MASA PANDEMI COVID-19

Annisatul Musfiroh, Aninditya Sri Nugraheni

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan dan keefektifan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD/MI di masa pandemi Covid-19. Jenis metode penelitian yang dipilih oleh peneliti adalah deskriptif kuantitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif melalui wawancara, pengisian angket dan tes. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan mendeskripsikan data yang telah ditemukan. Subjek dalam penelitian ini melibatkan guru dan siswa kelas VI MI Miftahul Ulum Sarang. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran bahasa Indonesia berbasis multimedia interaktif dengan materi puisi dan prosa pada siswa kelas VI SD/MI di masa pandemi terbukti praktis dan efektif. Kepraktisan ditunjukkan dari hasil tanggapan guru dengan total skor 44 atau 88% sehingga termasuk dalam kategori "praktis" dan juga dari tanggapan siswa diperoleh rangkuman rata-rata berdasarkan beberapa aspek penilaian yang menunjukkan kategori "baik". Sedangkan keefektifan ditunjukkan dari nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas VI MI Miftahul Ulum Sarang selama pandemi mencapai 85,76 telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM ≥ 70).

Kata kunci: Pembelajaran bahasa Indonesia, multimedia interaktif, masa pandemi


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Lia, L. (2015). MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF PEMBELAJARAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN SAINS. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran, 2(2), 132–140.

Lutfiyah, L., & Roviati, E. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 181–190. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v2i2.7015

Mukmin, B. A., & Zunaidah, F. N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar DELIKAN Tematik Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Siswa Sekolah Dasar di Kota Kediri. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 145–158. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.2788

Niarti, N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Menyimak Untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Digital Repository Unila.

Nisa, H. U. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1352

Setiyadi, D. B. P. (2021). PEMANFAATAN TEKS MULTIMODAL SEBAGAI INOVASI MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Mardibasa: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 01(01), 1–24.

Simarmata, M. Y., & Agustina, R. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KESANTUNAN TINDAK TUTUR IMPERATIF BAHASA MELAYU PONTIANAK. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 173–183. https://doi.org/10.15408/dialektika.v6i2.8504

Sukaesih, S. (2014). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA TERPADU PADA TEMA SISTEM GERAK PADA MANUSIA. Unnes Science Education Journal, 7.

Syafi’i, I., Sa’diyah, C., Wakhidah, E. W., & Umah, F. M. (2020). PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN DARING ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 140–160.

Triyanti, M. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Sistem Saraf untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas XI. JURNAL BIOEDUKATIKA, 3(2), 535–541. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4148




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.5.1.47-53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ