DESAIN ALAT BANTU PENGAMBILAN PART DI WAREHOUSE PT. XYZ DENGAN ASPEK ERGONOMI

Hadi Djamal, Nelfiyanti Nelfiyanti, Muhammad Fery Kurniawan

Abstract


Pada proses pengambilan part di bagian standard part di warehouse PT. XYZ terdapat postur kerja yang tidak ergonomi dalam aplikasinya. Proses yang tidak ergonomi tersebut menjadi kendala karena terdapat keluhan musculoskeletal yang dirasakan operator. Disamping itu, total rekapitulasi dari kuesioner nordic body map terdapat 98 keluhan dengan kategori sangat tinggi dan diperlukan tindakan sesegera mungkin. Penelitian dilakukan guna mengurangi atau bahkan menghilangkan keluhan yang dirasakan operator dengan mengutamakan aspek ergonomi yang mana didukung dengan pengumpulan data dari kuesioner NBM (Nordic Body Map). Kemudian diolah yang di dukung dengan metode REBA (Rapid Entire Body Assesment). Software Mannequin Pro dari proses awal pengambilan part di bagian standard part dengan tujuan mengetahui tingkat keluhan yang dialami operator. Selanjutnya dilakukan pengumpulan data antropometri operator dengan cara melakukan Uji Keseragaman Data, Uji Kecukupan Data, dan Uji Kenormalan data yang dilanjutkan dengan Perhitungan Persentil guna menentukan usulan yang akan dirancang menggunakan metode Value Engineering. Berdasarkan perancangan dari penelitian diatas, disimpulkan dapat menjawab keluhan dari operator dengan berkurangnya keluhan musculoskeletal yang dirasakan operator dengan simulasi dari software Mannequin Pro. Dari total rekapitulasi kuesioner nordic body map terjadi penurunan keluhan menjadi 66 keluhan dengan kategori sedang dan tindakan mungkin diperlukan.


Full Text:

PDF

References


Artana, Ketut dan Julianus Hutabarat. 2008. “Medium Design to Reduce Backbone Hurt Through Working Position Analysis and Biomechanics Analysis”. Surabaya : Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi VIII Program Studi MMT-ITS, Surabaya 2 Agustus 2008.

Berawi, Mohammed Ali. 2014. ”Aplikasi Value Engineering Pada Industri Konstruksi Bangunan Gedung”. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia.

Chandra, Suriana. 2014. “Maximizing Construction Project and Investment Budget Efficiency with Value Engineering”. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo KOMPAS GRAMEDIA.

Charoonsri R. Nataya, Dian Mardi S, Fransiskus Alexander. 2008. “Identifikasi Risiko Ergonomi Pada Stasiun Perakitan Daun Sirip Diffuser di PT X”. Jakarta : J@TI Undip, Vol III, No. 2, Mei 2008.

Hasrianti, Yulvi. 2016. “Hubungan Postur Kerja Dengan Keluhan Musculoskeletal pada Pekerja di PT. Maruki International Indonesia Makassar”. Skripsi. Makassar : Universitas Hasanudin Makassar.

Iridiastadi, Hardianto dan Yassierli. 2015. Ergonomi, suatu pengantar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Jalajuwita, Rovanaya Nurhayuning dan Indriati Paskarini. 2015. “Hubungan Posisi Kerja Dengan Keluhan Musculoskeletal pada Unit Pengelasan PT. X Bekasi”. Surabaya : The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health, Vol. 4, No. 1, Jan - Jun 2015 : 33 – 42.

Nurmianto, Eko. 2008. Ergonomi, konsep dasar dan aplikasinya (Edisi Kedua). Surabaya : Penerbit Guna Wijaya.

Sutalaksa, Iftikar. Z, Ruhana Anggawisastra dan Jann H. Tjakraatmadja. 2006. Teknik Perancangan Sistem Kerja. Bandung : Penerbit ITB.

Tri Haryanto, Lulus. 2012. “Perancangan Ulang Alat Bantu Jalan (Walker) Untuk Pasien Pasca Stroke Menggunakan Metode Value Engineering”. Skripsi. Surakarta : Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Walpole, Ronald E. 2005. Pengantar Statistika. Jakarta : Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.6.2.81-91

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ