ANALISIS KUALITAS LULUSAN TEKNIK INDUSTRI FT UMJ BERDASARKAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA LULUSAN

Nelfiyanti Nelfiyanti, leola Dewiyani

Abstract


kemampuan yang dimiliki oleh alumni. Dimana, untuk mengetahui tingkat kepuasan penggua terhadap alumni juga dibutuhkan didalam borang akreditasi BAN PT yang dimuat dalam beberapa standar. Adapun tingakat kepuasan pengguna alumni dapat dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada pengguna/instanai terkait yang menggunakan alumni teknik industry UMJ yang berisikan atribut yang termuat dlam borang akreditasi program studi Ban PT adalahKerjasama tim, Pengembangan diri, Komunikasi, keahlian berdasarkan bidang ilmu (professional), etika dan moral serta kemampuan dalam menggunakan Bahasa asing (inggris). Dari hasil kuisioner dapat ditarik suatu hasil akhir bahwa alumni jurusan teknik industry Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta kurang dalam penguasaan dan penggunaan bahasa inggris. Oleh sebab itu perlu dilakukan tindak lanjutnya seperti ikut serta dalam kursus bahasa inggris, selalu menggunakan bahasa inggris dalam percakapan sehari- hari, mengingat kosakata- kosakata bahasa inggris.

Keywords


Kepuasaan, Penguna, Kualitas, Alumni, Teknik Industri, Atribut Ban PT

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Borang Akreditasi Nasional Perguruan tinggi untuk Program studi. 2010. BAN PT.

Keputusan Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara. 2004. Nomor: Kep/25/M.PAN /2/2004/. Tentang Pedoman Umum Penyus unan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instalasi Pemerintah. http:// www. menpan.go.id /Direktori%20Menpan/default.asp.

Pasaribu, Amudi. 1981. Pengantar Statistik. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005, Tentang Standar Pendidikan Nasional.

Sauri, S. 2010. Pengembangan Karakter Bangsa Menuju Pendidikan Bermutu. Makalah Seminar Naional di Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja.

Sugiyono. 2008. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.4.2.139-148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ