PENERAPAN PDCA DALAM MEMINIMASI DEFECT SALAH VARIAN PANEL DASH JOIN FRONT DI PT.XYZ
Abstract
PT. adalah perusahaan yang bergerak dibidang otomotif di Indonesia yang memproduksi kendaraan roda empat, salah satunya adalah unit pick up D30N. Dalam proses produksinya, permasalahan utama yang dialami adalah masalah kualitas. Berdasarkan data defect yang didapatkan dari September 2017 hingga Februari 2018, permasalahan utama terdapat pada jalur Under Front yang memiliki defect terbesar yaitu Salah Varian Panel Dash Join Front Floor sebanyak 25 item, yang termasuk dalam kategori defect function. Sedangkan target manajemen untuk defect function yaitu 0 item. Selain itu, defect tersebut menyumbang kerugian akibat part scrap sebanyak 12 pcs dengan jumlah kerugian Rp 1.637.569,- dalam periode September 2017 sampai bulan Februari 2018. Kegiatan perbaikan yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang ada dengan menerapkan metode Plan-Do-Check-Action (PDCA). Dari hasil analisis penyebab masalah, didapatkan beberapa implementasi perbaikan yaitu dengan menambahkan papan pengecekan WOS, membuat display pengecekan varian, mengurangi buffer stock, membuat identitas penempatan dolly , dan identitas varian pada dolly.Dari kegiatan perbaikan tersebut, defect Salah Varian Panel Dash Join Front Floor dapat diturunkan dari 25 item menjadi 0 item pada bulan Mei sampai Juni 2018 dan jumlah part scrap dari 12 pcs menjadi 0 sehingga kerugian akibat scrap menjadi menurun. Sehingga target manajemen untuk defect tersebut dapat tercapai.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin, Syukron. 2014. Pengantar Manajemen Industri. Yogyakarta: Graha Ilmu
Fandy, Tjiptono & Anastasia Diana. 2014. Total Quality Management Edisi Revisi. Yogyakarta : ANDI.
Hendy, Tannady. 2015. Pengendalian Kualitas. Yogyakarta: Graha Ilmu
Jong, Feliando Yonatan & Herry Christian Palit. 2015. Upaya Peningkatan Kualitas Part Upper Cover Dengan Metode PDCA di PT Astra Komponen Indonesia. Jurnal Titra, Vol 3 No 2. Surabaya
M.Nur, Nasution, 2015. Manajemen Mutu Terpadu Edisi Ketiga (Total Quality Management). Bogor : Ghalia Indonesia.
Ong, Andre Wahyu Riyanto. 2015. Implementasi Metode Quality Control Circle Untuk Menurunkan Tingkat Cacat Pada Produk Alloy Wheel. Surabaya
Sukanta. 2017. Analisis Pengendalian Kualitas Proses Pemasangan Numbering Clock Dengan Pendekatan Metode Quality Control Circle Perusahaan XYZ. Karawang.
Vincent, Gaspersz,. 2014. Total Quality Management. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.7.2.81-90
Refbacks
- There are currently no refbacks.