PENENTUAN RUTE ARMADA PENGIRIMAN PT.AAA MENGGUNAKAN ALGORITMA TWO-PHASE TABU SEARCH PADA VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH HETEROGENEOUS FLEET AND TIME WINDOWS UNTUK MENGATASI KETERLAMBATAN PENGIRIMAN
DOI:
https://doi.org/10.24853/jisi.6.2.135-143Abstract
PT.AAA merupakan perusahaan yang memproduksi cat kayu, cat tembok, cat batu, pelitur, dan thinner yang mempunyai gudang distribusi atau yang dijadikan sebagai DC untuk kegiatan distribusi. PT. AAA mempunyai layanan pengiriman produk ke pelanggan dengan menggunakan armada sendiri untuk pelanggan di Pulau Jawa. Penentuan rute pengiriman produk dilakukan oleh operator berdasarkan sering atau biasa dilewati oleh armada bukan dengan perencanaan yang matang. Hal tersebut mengakibatkan sejumlah keterlambatan pengiriman bagi perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan usulan rute pengiriman produk ke pelanggan khususnya untuk daerah Karesidenan Surakarta dengan menggunakan Algoritma Two-Phase Tabu Search untuk mengurangi jumlah keterlambatan pengiriman produk. Adapun hasil dari penelitian ini adalah urutan rute dan kendaraan yang digunakan untuk melakukan pengiriman produk. Hasil perhitungan dari penelitian ini adalah memberikan usulan urutan rute pengiriman untuk armada pengiriman dengan jarak tempuh sebesar 22,51% lebih kecil dibandingkan urutan rute pada kondisi awal. Jarak tempuh tersebut berkurang dari 938,93 km menjadi 727,516 km. Akibat dari pengurangan jarak tempuh tersebut, maka rata-rata keterlambatan pengiriman produk ke pelanggan berkurang menjadi empat lokasi untuk setiap harinya.References
Branch, A. E. 2009. Global Supply Chain Management and International Logistics. New York: Routlegde.
Crainic, T. G., & Laporte, G. 1998. Fleet Management and Logistics. London: Kluwer Academic Publisher.
Jiang, J., Ng, K. M., Poh, K. L., & Teo, K.
M. 2014. Vehicle Routing Problem with a Heterogeneous Fleet and Time Windows. Expert Systems with Application, 3748- 3760.
Kartikasari, Damayanti, D. D., & Santosa, B. (t.thn.). Perancangan Rute dan Penugasan Kendaraan Pada Pendistribusian Produk di PT. XYZ untuk Meminimasi Total Biaya Transportasi Menggunakan Algoritma Genetika.
Lu, D. D. 2011. Fundamentals of Supply Chain Management. Frederikesberg: Ventus Publishing Aps.
Muttaqin, P. S., Ridwan, A. Y., & Santosa,
B. (t.thn.). Penentuan Rute Armada di PT. XYZ Menggunakan Algoritma Tabu Search pada Heterogeneous Fleet Vehicle Routing Problem with Time WIndow untuk Meminimasi Jarak dan Biaya Transportasi.
Pradenas, L., Oportus, B., & Parada, V. 2013. Mitigation of greenhouse gas emissions in vehicle routing problems with backhauling. Expert Systems with Applications, 2985-2991.
Suyanto. 2010. Algoritma Optimasi Deterministik atau Probabilistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tasan, A. S., & Gen, M. 2012. A genetic algorithm based approach to vehicle routing problem with simultaneous pick-up and deliveries . Computers & Industrial Engineering, 755-761.
Toth, P., & Vigo, D. 1998. Exact Solution of The Vehicle Routing Problem. Dalam T.
G. Crainic, & G. Laporte, Fleet Management and Logistics (hal. 1). Boston: Kluwer Academic Publishers.
Toth, P., & Vigo, D. 2014. Vehicle Routing Problems, Mehtods, and Applications . Bologna: Society for Industrial and Applied Mathematics and the Mathematical Optimization Society.
Downloads
Published
Issue
Section
License
COPYRIGHT POLICY
The author(s) of an article published in the JISI UMJ retains ownership of the intellectual property rights in work (s).
PUBLISHING RIGHTS
The author(s) of an article published in the JISI UMJ have unrestricted publication rights. The authors give the JISI UMJ the right to publish the article and designate the Industrial of Engineering Universitas Muhammadiyah Jakarta Publishing as the original publisher of the article.
LICENSING POLICY
Journal of Industrial Engineering and Sciences is an open-access journal that follows the Creative Commons Non-Commercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0), which states that:
Under this license, the reusers must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. Users may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses users or their use.
Please take the time to read the whole license agreement (https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/). As long as reusers follow the license conditions, the owner cannot withdraw these freedoms. The following components are included under this license:
Attribution: Users must provide appropriate attribution, including a link to the license, and indicate whether or not they made any modifications. Users are free to do so reasonably, but not in a manner that indicates the licensee approves of their usage.
NonCommercial: Users may not use the material for commercial purposes.