STRATEGI PENINGKATAN KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PROSES PENDIDIKAN PADA PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.24853/jisi.7.1.1-12Keywords:
Kepuasan mahasiswa, strategi, Importance-Performance Analysis (IPA)Abstract
Dalam upaya meningkatkan daya saing, Program studi teknik industri perlu melakukan evaluasi diri. Salah satu langkah yang harus dilakukan dalam evaluasi diri adalah mengetahui kepuasan mahasiswa terhadap proses Pendidikan yang ada pada program studi teknik industri UMJ. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kepuasan mahasiswa program studi teknik industri umj terhadap proses Pendidikan yang ada di program studi Teknik Industri UMJ serta strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dan Importance-Performance Analysis (IPA). Metode survey dilakukan dengan menyebarkan kuisioner yang berisi atribut dari 5 dimensi kualitas pelayanan yaitu reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan tangible. Sedangkan IPA ini merupakan model multi-attribute dan dapat digunakan untuk menganalisis kinerja organisasi. Dimana hasil Inteprestasi terhadap kinerja program studi ditampilkan pada sebuah grafik yang memiliki empat kuadran, yaitu Kuadran A, Kuadran B, Kuadaran C, dan Kuadran D. Masing-masing kuadran menunjukkan kinerja program studi yang dinilai. Hasil penelitian ini adalah identifikasi atribut-atribut pengukur kepuasan mahasiswa terhadap proses pendidikan, persentasi kepuasan dan ketidakpuasan dari setiap atribut, dan rumusan strategi yang harus dilakukan untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa pada kelompok input-proses-output.References
Abidin, Zaenal, 2005. “Strategi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi (Optimalisasi Kinerja Dosen Dalam Pembelajaran Di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta)” SUHIF, vol. XVII, No. 01/Mei2005: 75-85.
Effendi, Sofian. 2003. “Pengelolaan Perguruan Tinggi Menghadapi Tantangan Global.”
Irwan H. 2002. Sepuluh Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Nurkhin, Kardoyo dan Ahmad. 2016. “Analisis Kepuasan Pelayanan Perguruan Tinggi,” no. 2010: 164–75.
Raharjo, Sabar Budi. 2012. “Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan Di Indonesia Sabar.” Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 511–32.
Rangkuti F. 2002. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Septiyaningrum, Andita Dina. 2018. Pengaruh Proses Pembelajaran Terhadap Kepuasan Mahasiswa Prodi Keperawatan Di Laboratorium Mini Hospital Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sugiono, Luky Susilowati dan Pandji. 2017. “Analisis Kepuasan Proses Belajar Mengajar Konsumen Pendidikan Tinggi Luky Susilowati Dan Pandji Sugiono.”
Sumarwan U. 2003. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta : Ghalia Indonesia
Wibisono, Susilo. 2012. “Evaluasi Kepuasan Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Simulasi Menggunakan Importance Performance Analysis ( Studi Pada Kelas Psikologi Eksperimen ).” Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia.
Zeithaml VA, Parasuraman A, Berry LL. 1990. Delivering Quality Service, Balancing Costumer Perceptions and Expectations. New York : The Free Press.
https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/index.php/statistik-5/
are-us-chemist.blogspot.com/2011/11/ tujuan-dan-proses-pendidikan.html
Downloads
Published
Issue
Section
License
COPYRIGHT POLICY
The author(s) of an article published in the JISI UMJ retains ownership of the intellectual property rights in work (s).
PUBLISHING RIGHTS
The author(s) of an article published in the JISI UMJ have unrestricted publication rights. The authors give the JISI UMJ the right to publish the article and designate the Industrial of Engineering Universitas Muhammadiyah Jakarta Publishing as the original publisher of the article.
LICENSING POLICY
Journal of Industrial Engineering and Sciences is an open-access journal that follows the Creative Commons Non-Commercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0), which states that:
Under this license, the reusers must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. Users may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses users or their use.
Please take the time to read the whole license agreement (https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/). As long as reusers follow the license conditions, the owner cannot withdraw these freedoms. The following components are included under this license:
Attribution: Users must provide appropriate attribution, including a link to the license, and indicate whether or not they made any modifications. Users are free to do so reasonably, but not in a manner that indicates the licensee approves of their usage.
NonCommercial: Users may not use the material for commercial purposes.