MANAJEMEN EVENT VIRTUAL “SIAP KULIAH” DETIK.COM DI MASA PANDEMI COVID-19

Rizky Awaluddin Saragih, Tria Patrianti

Abstract


Kebijakan Pemerintah melarang proses pembelajaran secara tatap muka di masa pandemi covid-19 berimplikasi terhadap calon mahasiswa yang mencari informasi-informasi terkini seputar Perguruan Tinggi. Detik.com sebagai portal berita online swasta mendukung generasi muda bangsa melalui layanan integrasi pada event virtual Siap Kuliah yang bertujuan untuk mewadahi calon mahasiswa dalam mempersiapkan diri masuk ke Perguruan Tinggi serta menambah wawasan generasi muda melalui visualiasasi 12 Peguruan Tinggi Negeri yang ada di Indonesia. Detik.com memiliki klasifikasi sasaran untuk melibatkan generasi muda dan masyarakat umum sebagai sasaran kegiatan-kegiatan yang berupaya untuk memelihara citra perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui riset, perencanaan dan desain, komunikasi, dan evaluasi event virtual Detik.com pada program Siap Kuliah di masa pandemi covid-19. Teori dan konsep yang digunakan dan dianggap relevan  dalam penelitian ini adalah teori Manajemen Event Goldblatt (2002) dalam buku Wahyuni Pudjiastuti yang berjudul Special Event. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dan teknik pengambilan data melalui observasi dan wawancara dengan tiga Informan dan dua Triangulasi sumber yang merupakan peserta event virtual Siap Kuliah. Setelah peneliti mengumpulkan data dari berbagai sumber, maka dapat dihasilkan beberapa kesimpulan bahwa Detik.com merupakan perusahaan media yang pertama melakukan event virtual yang menyediakan layanan integrasi di masa pandemi covid-19 dengan melibatkan para siswa-siswi yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan menuju Perguruan Tinggi sebagai sasaran kegiatan. Berdasarkan kesimpulan diatas, saran yang diberikan untuk penelitian ini, diharapkan event virtual Siap Kuliah selanjutnya dapat menambah jumlah Perguruan Tinggi Negeri untuk di eksplorasi guna meningkatkan wawasan pengetahuan para calon mahasiswa.


Keywords


Detik.com; Event; Manajemen Event; Pandemi Covid-19; Public Relation.

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro, 2009. Public Relations Praktis, Bandung: Widya Padjajaran

Ardianto, Elvinaro dan Soemirat, Soleh. 2010. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arifah, Nur. 2018. Panduan Mudah & Praktis Menyusun Skripsi – Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Araska.

Bungin, Burhan. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Cutlip, M. Scoot, Center, H. Allen dan Broom, M. Glen. 2011. Effective Public Relations. Edisi Kesembilan. Jakarta: Kencana.

Gassing, Syarifuddin, dan Suryanto. 2016. Public Relations. Yogyakarta: Andi

Jefkins, Frank. 2003. Public Relations. Jakarta: Erlangga.

Kasali, R. 2005. Management Public Relations. Jakarta: Edisi Pustaka Utama

Grafiti.

Khairunnisa. 2015. Public Relations, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kriyantono, Rachmat. 2008. Public Relations Writing. Jakarta:

Prenada Media Group.

Leksono, P. 2016. Metode Penelitian Komunikasi : Kualitatif

Malang: Intrans Publishing.

Moleong, J. L. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Morissan. 2010. Manajemen Public Relations (Edisi Pertama, Cetakan Ke-2).

Jakarta: 2010.

Noor, Any. 2013. Manajemen Event. Bandung: Alfabeta,cv.

Pudjiastuti, Wahyuni. 2010. Special Event Alternatif Jitu Membidik Pasar.

Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Ruslan, Rosady. 2008. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ruslan, Rosady. 2010. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: CV.Alfabeta.

Suhandang, Kustadi. 2004. Public Relations Perusahaan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tohirin, 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling: Pendekatan Praktis untuk Peneliti Pemula dan Dilengkapi dengan Contoh Transkip Hasil Wawancara serta Model Penyajian Data. Jakarta: Rajawali Pers.

Wiliam dan Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta..

Jurnal:

Zubair, Feliza. 2017. Manajemen Special Event Goldblatt dalam Road Show Santri Sehat Oleh PT. Bio Farma. Vol. 13 No. 1.

Chintia Melva Cahaya L. Tobing (Universitas Padjajaran). Manajemen Special Event AJB Bumiputera 1912 Bandung Melalui Customer Gathering

ISSN : 2528-6927 (2017).

Riwangga, Wildan Pangestu (Universitas Islam Indonesia Yogyakarta). Manajemen Event Jogja Fashion Festival 2016 untuk Penguatan Citra Plaza Ambarrukmo sebagai Trendsetter Fashion di Yogyakarta. 2016

Auliani, Anwar (Universitas Padjajaran Bandung) Manajemen Special Event Hallyu Come On Special (Studi pada Komunitas Hansamo di Kota Bandung).

E-ISSN :2549-693X

Sumber Website:

www.detik.com/siapkuliah diakses pada 15 Juni 2020

www.kpi.go.id diakses pada tanggal 26 Juli 2020.

www.wearesocial.hootsuite.com 2020 diakses pada tanggal 6 Mei 2020

id.m.wikipedia.org Sejarah Detik.com diunduh pada Juli 2017

https://www.instagram.com/dyouthizen




DOI: https://doi.org/10.24853/jbk.1.1.2023.7-13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ