PENGARUH CLICKBAIT PODCAST DEDDY CORBUZIER TERHADAP MINAT MENONTON (Survei Pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UMJ Angkatan 2017)

Azhaari Fairuz Wikatri, Amin Shabana

Abstract


Adanya perkembangan teknologi membuat masyarakat banyak beralih profesi sebagai content creator. Salah satu content creator yang memanfaatkan platform youtube dan banyak ditonton adalah Deddy Corbuzier. Salah satu konten ber clickbait berjudul “Bukan Clickbait!! Tersebar Buku Pembunuhan Ini!! Tonton Sebarkan!!”. Tujuan penelitian ini mengetahui seberapa besar pengaruh clickbait podcast Deddy Corbuzier khususnya terhadap minat menonton mahasiswa prodi ilmu komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta Angkatan 2017. Teori yang digunakan peneliti adalah clickbait dengan delapan elemen antaralain: Exaggeration, Inflammatory, Formatting, Teasing, Graphic, Bait-and-Switch, Ambiguous, Wrong, serta tiga elemen dalam minat menonton yaitu: Kognitif, Afektif, Konatif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei yang bersifat deskriptif, yang dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner melalui whatsapp grup dan chat. Metode pengambilan kuisioner yang dilakukan ialah simple random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh clickbait podcast Deddy Corbuzier, secara keseluruhan responden merespon baik (setuju), dan pengaruh clickbait terhadap minat menonton secara keseluruhan responden merespon 78,4% baik (setuju) dari semua pernyataan variabel (Y) dalam seluruh kuisioner penelitian. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa besarnya pengaruh clickbait podcast Deddy Corbuzier memiliki hubungan positif dan kuat sebesar 0,784 terhadap minat menonton mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta Prodi Ilmu Komunikasi Angkatan 2017, dengan persentase clickbait memiliki pengaruh terhadap minat menonton sebesar 61,4% sementara sisanya 38,6% dipengaruhi oleh faktor lain.


Keywords


Penyiaran; Podcast; Clickbait; Minat Menonton

Full Text:

PDF

References


Jurnal :

Ahmad Farhan Habib, 2020, “Pengaruh Kesenjangan Kepuasan Terhadap Kepuasan Mendengar Dan Keberlanjutan Medengarkan Podcast” (Analisis Kuantitatif Pengaruh Kesenjangan Kepuasan terhadap Kepuasan Mendengar dan Intensi Keberlanjutan Mendengarkan Podcast melalui Spotify yang Dimoderasi Kebiasaan Mendengarkan Podcast di Kalangan Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Tahun 2019), Universitas Sebelas Maret.

Biyani, P. Tsioutsiouliklis, K. Blackmer, J. (2016). 8 Amazing Secrets for Getting More Clicks: Detecting Clickbaits in New Streams Using Article Informality.Hal 94-100.

Efi Fadilah, Pandan Yudhapramesti, Nindi Aristi. “Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio”, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, e-journal. Kajian Jurnalisme, Volume 1 Nomor 1 Tahun 2017 – hal 90-104.

Jenetia Nikita Pangerapan, Antonius Boham, Julius L. K Randang,“Persepsi Mahasiswa Tentang Kepala Berita Clickbait Media Online Instagram” (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Unsrat Konsentrasi Jurnalistik).

M. Rizky Kertanegara, “Penggunaan Clickbait Headline pada Situs Berita dan Gaya Hidup Muslim Dream.co.id”, MediaTor: Jurnal Komunikasi, Vol 11 (1), Juni 2018, 31-43.

Olivia Lewi P, 2020. “Judul Clickbait dalam Berita Kasus Prostitusi Online”, Jurnal Pekommas, Vol. 5 No. 1, April 2020:59 – 70.

Rizky R. Gustam, “Media Sosial dalam Membentuk Budaya Populer”, E - Journal Ilmu Komunikasi, 2015, 3 (2): 224-242 ISSN 0000-0000 , ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id © Copyright 2015.

Yayat D Hadiyat, "Clickbait di Media Online Indonesia", Jurnal Pekomas Vol 4 no 1, 2019, h 3-6.

Buku:

Ardianto, E (2011). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung : Simbiosa Rekatama.

B García Orosa, S Gallur Santorun, X López García (2017): “Use of clickbait in the online news media of the 28 EU member countries”. Revista Latina de Comunicación Social, 72, pp. 1.261 to 1.277.

Biyani, Prakhar., Kostas Tsioutsiouliklis, and John Blackmer (2016). “8 Amazing Secrets for Getting More Clicks”: Detecting Clickbaits in News Streams Using Article Informality. Proceedings of the Thirtieth AAAI Conference on Artificial Intelligence (AAAI-16).

Bradshaw, P. (2009). Writing/Producing for the web: BASIC principles. In: Romli, A.S.M. (2018). Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Edisi 2. Nuansa Cendekia. BandungIndonesia. Hal.17-18.

Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi Penelitian untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Kriyantono, Rachmat. 2014, Teknik Praktik Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lee Monle, Johnson Carla. 2011. Prinsip – Prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Manan, A (2018). “Ancaman Baru dari Digital. Laporan Tahunan AJI 2018”. AJI: Jakarta.

Mc. Quail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail. Jakarta: Salemba Humanika.

Morianty Sandra, Mitchell, Nancy & Wells, William. 2011. Advertising (Edisi Kedelapan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rakhmat, J. (2007). Metode Penelitian Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya. Hal. 25-26. Romli A.S.M. (2018). Journalistik Online: Pandugan Mengelola Media Online. Edisi 2. Nuansa Cendekia. Bandung-Indonesia. Hal.5-180.

Rohim, Syaiful. 2009. Teori Komunikasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Vijgen, B. (2014, June). The Listicle: An Exploring Research On An Interesting Shareable New Media Phenomenon. Ephemerides, 59(1), 103.

Y. Chen, N. J. Conroy, and V. L.Rubin, "Misleading Online Content: Recognizing Clickbait as "False News"," in Proceedings of the 2015 ACM on Workshop on Multimodal Deception Detection, Seattle, WA, 2015. pp. 15-19. Cho, J., Boyle, M. P., Keum.

Artikel dalam buku:

Nurul Parameswari Susantono, 2014, “Minat Penonton Terhadap Tayangan Edukatif (Viewer Interest Towards Educative Television Programs)” Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.24853/jbk.1.1.2023.15-20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ