PENGARUH BRAND ACTIVATION TRI INDONESIA DI INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI PERDANA H3RO

Bias Agprisyanda Putri, Jamiati KN

Abstract


Salah satu perusahaan telekomunikasi yang memberikan layanan khusus untuk bermain game mobile, yaitu Tri Indonesia dengan mengeluarkan perdana H3RO. Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur brand activation yang dilakukan Tri Indonesia di Instagram pada followers Tri Indonesia, minat beli perdana H3RO pada followers akun Instagram Tri Indonesia, pengaruh brand activation di Instagram Tri Indonesia terhadap minat beli perdana H3RO. Teori yang digunakan adalah brand activation meliputi sense, feel/relate, think, dan act serta minat beli meliputi transaksional, referensial, preferensial, dan eksploratif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner yang diberikan kepada 95 responden pada followers akun Instagram @triindonesia. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan metode simple random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh Brand Activation Tri Indonesia di Instagram secara keseluruhan responden merespon setuju, serta peengaruh Brand Activation terhadap Minat Beli secara keseluruhan responden merespon setuju dari semua pernyataan variabel Y di kuesioner penelitian, dan besarnya pengaruh Brand Activation Tri Indonesia di Instagram memiliki hubungan positif dan kuat sebesar 0,663 terhadap minat beli perdana H3RO pada followers Instagram @triindonesia dengan presentase Brand Activation mempengaruhi Minat Beli sebesar 44% dan sementara sisanya 56% dipengaruhi oleh faktor lain.


Keywords


brand activation; game mobile; minat beli; perdana h3ro

Full Text:

PDF

References


Buku:

Davis, Douglas. (2016). Creative Strategy and The Business of Design. United States of America: HOW Books.

Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Keller, Kevin L. (2013). Strategic Building Management (Building, Measuring, and Managing Brand Equity). London: ECIN.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management 15th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Palsmecker, Patrick De, Geuens Maggie dan Van Den Bergh Joeri. (2017). Marketing Communication 16th edition. United Kingdom: Pearson Education Limited.

Internet:

OpenSignal. Pengalaman Game Seluler. https://www.opensignal.com. Diakses pada tanggal 21 Juni 2021

Tri Indonesia. About Tri. https://tri.co.id/AboutTri. Diakses pada tanggal 10 September 2021




DOI: https://doi.org/10.24853/jbk.1.1.2023.21-28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ