ANALISIS VIRAL MARKETING PADA IKLAN ANIMASI KHONG GUAN VERSI SEBOEAH KENANGAN MANIS

Dianira Khalisa, Velda Ardia

Abstract


Khong Guan merilis iklan terbarunya dengan judul Seboeah Kenangan Manis melalui kanal YouTube-nya. Iklan ini dibalut dengan jenis animasi berbasis anime khas Jepang yang saat ini sedang digandrungi anak muda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi viral marketing pada iklan animasi Khong Guan versi Seboeah Kenangan Manis. Pada tahun 2020,. Banyaknya peminat anime belakangan ini justru menjadikan iklan ini sebagai topik perbincangan hangat di media sosial hingga menjadi trending topic nomor tiga di Twitter. Hal yang sangat jarang ditemui bagi Khong Guan untuk menjajaki deretan tersebut. Apalagi mengetahui Khong Guan merupakan salah satu produk legendaris yang loyal pada konsepnya sejak awal rilis membuat Khong Guan dinilai ketinggalan zaman. Dengan rilisnya iklan berbasis animasi ini yang menjadi viral di kalangan anak muda, dinilai merupakan strategi marketing yang dipilih Khong Guan dalam berinovasi pada iklannya untuk memasuki target pasar anak muda. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan metode analisis deskriptif yang menggunakan pengumpulan data seperti wawancara dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian, strategi viral marketing yang dilakukan Khong Guan dengan menggunakan animasi memiliki kemampuan untuk menggaet target pasar anak muda dikarenakan sedang banyaknya peminat anime. Hal ini juga dapat meningkatkan awareness dibenak kalangan milenial dan generasi Z sebagai masyarakat yang peka pada perkembangan teknologi. Meskipun bukan hal baru, penggunaan animasi secara garis besar sebagai iklan merupakan langkah yang positif dikarenakan situasi pandemi yang menyulitkan untuk melakukan shooting secara nyata, sehingga pilihan animasi bisa menjadi alternatif.


Keywords


Iklan; Animasi; Viral Marketing;Khong Guan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24853/jbk.1.1.2023.37-41

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ