PENGARUH KONTEN INSTAGRAM CHATIME TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Ilham Dhava Ramadhan, Oktaviana Purnamasari

Abstract


Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konten Instagram Chatime terhadap keputusan pembelian survey pada followers akun Instagram @chatimeindo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya yaitu teori komunikasi pemasaran, teori media sosial, teori konten media sosial, dan teori keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey dan teknik pengumpulan data yang menggunakan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah followers Instagram @chatimeindo yang bukan fake account dan berkomentar pada unggahan @chatimeindo dari tanggal 13 Juli sampai 26 Juli 2021 sebanyak 397 followers dan sampel yang digunakan sebanyak 80 responden dengan dihitung menggunakan rumus Slovin. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara konten Instagram Chatime terhadap keputusan pembelian pada followers Instagram @chatimeindo. Besarnya pengaruh konten Instagram Chatime terhadap keputusan pembelian pada followers Instagram @chatimeindo adalah sebesar 0,616 atau sama dengan 61,6% sedangkan sisanya sebesar 38,4% dipengaruhi oleh variabel selain yang ada dalam penelitian ini.


Keywords


Konten Instagra; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Amaral, I, 2015, Instagram, Thousand Oaks: SAGE Publication, Inc.

Kotler, Philip, & Kevin Lane Keller, 2016, Marketing Management, 15th Edition, New York: Pearson Education, Inc.

Miles, Jason G, 2019, Instagram Power: Build Your Brand and Reach More Customers with Visual Influence, New York: McGraw - Hill Education.

Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: PT Alfabeta.

Skripsi:

Hardiawan, Anandya Cahya, “Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian secara Online (Studi pada pengguna Situs Jual Beli Online Tokobagus.com)”, Skripsi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Dipenegoro Semarang, 2013.

Kurniasari, Rika Devi, “Pengaruh Inovasi Produk, Kreativitas Produk, dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing”, Skripsi, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2018.

Website:

Aryani, “Chatime: Pelopor Tea Cafe di Indonesia”, http://www.bakerymagazine. com/2013/0 1/05/chatime-pelopor-tea-cafe-di-indonesia/26 - 09 - 2018, 2013.

Instagram, “Chatime”, https://www.instagram.com/chatimeindo/?hl=en diakses pada 27 September 2021 pukul 10:05.

Ourstory, ourstory.id diakses pada 22 Juni 2021 pukul 20:32.




DOI: https://doi.org/10.24853/jbk.1.1.2023.43-52

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ