STRATEGI PROGRAM STREETLIFE RADIO MUSIC 107,50 FM DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PENDENGAR DI MASA PANDEMI COVID-19

Muhamad Iqbal Albyansyah, Mulkan Habibi

Abstract


Streetlife adalah salah satu program prime time yang dimiliki radio Music City 107,50 FM yang sudah 22 tahun mengudara dari jam 16.00 – 20.00 WIB. Karakter yang religious namun fungky menjadi ciri khas program Streetlife serta segmentasi pendengar dewasa muda 23-35 tahun. Menurut Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) saat pandemic covid-19 data angka pendengar radio menunjukan kenaikan khususnya di Jakarta, namun hal ini tidak dirasakan oleh program Streetlife yang tidak menunjukan kenaikan angka pendengar di masa pandemic covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi program Streetlife radio Music City 107,50 FM dalam beberapa tahap yaitu: Perencanaan program, Produksi Program, Pengawasan dan bentuk evaluasi internal program. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi program menurut Peter Pringle. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara dan dokumentasi terkait. Hasil penelitian ini adalah strategi program Streetlife radio Music City 107,50 FM pada tahap perencanaan program yaitu hal pertama yang dilakukan adalah melihat situasi pasar dikaitkan dengan umur program lalu menentukan perencanaan jangka pendek, menengah, dan panjang sesuai dengan karakter program, lalu menentukan konsep program serta karakter penyiar berdasarkan segmentasi pendengar stasiun radio Music City. Tahap produksi program yaitu terdapat bagian-bagian yang bertanggung jawab antara lain Program Director, Produser Program, Penyiar Program, Music Director. Tahap pengawasan dan bentuk evaluasi internal program, sistem evaluasi yang diterapkan yaitu monthly meeting oleh program director dan weekly meeting oleh produser program.


Keywords


strategi program; loyalitas pendengar; radio; music city 107,50 FM

Full Text:

PDF

References


Buku:

Afdjani, H. 2014. Ilmu Komunikasi Proses & Strategi. Tangerang: Indigo Media

Effendy, Onong Uchjana. 2008. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Eko Endarmoko. 2006. Tesaurus Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Morissan. 2005. Media Penyiaran : Strategi Mengelola Radio dan Tv. Tangerang: Ramadina Prakarsa

Morissan. 2008. Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Internet:

Radio Indonesia. Data Pendengar di Masa Pandemi. https://www.radioindonesia.co.id/. Di askes pada tanggal 12 Mei 2021

Covid19. Situasi Covid-19 Di Indonesia. https://covid19.go.id/. Di akses pada tanggal 7 Februari 2021




DOI: https://doi.org/10.24853/jbk.1.1.2023.53-60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ