PENGARUH KESADARAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI KENANGAN (Survey Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta 2017)

Doni Fransiska Dwi Saputra, Jamiati KN

Abstract


Perkembangan industri kuliner saat ini sangat berkembang pesat, terutama pada kategori industry minuman. Salah satu merek dalam kategori minuman yang sedang naik daun yaitu Kopi Kenangan. Eksistensi merek kopi kenangan memiliki kekuatan untuk mempengaruhi konsumen melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kesadaran Merek Kopi Kenangan, Keputusan Pembelian Kopi Kenangan, dan seberapa besar dan adakah pengaruh dari Kesadaran Merek terhadap Keputusan Pembelian Kopi Kenangan pada konsumen. Penelitian ini menggunakan 2 (dua) variabel yaitu Kesadaran Merek (Keller, 2013) dan Keputusan Pembelian (Kotler dan Keller, 2016). Dimensi Kesadaran Merek terdiri dari Unware of Brand, Brand Recognition, Brand Recall, dan Top of Mind. Sedangkan untuk dimensi Keputusan Pembelianm terdiri dari Problem Recognition, Information Search, Evalution of Alternative, Purchase Decision, dan Postpurchase Behavior. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta 2017, dan sampel dari penelitian ini berjumlah 73 orang. Dari hasil perhitungan untuk mengetahui pengaruh Kesadaran Merek terhadap Keputusan Pembelian Kopi Kenangan, dapat diketahui, nilai 0,725 menyatakan bahwa tingkat pengaruh variabel independent dikatakan “tinggi” terhadap variabel dependent. Lalu nilai R Square 0,526 menyatakan bahwa pengaruh variabel independent terhadap variabel dependent adalah 52,6%. Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% adalah 1,993. Karena nilai t hitung (8,826) > t tabel (1,993). Kesimpulan dari penelitian ini adalah kekuatan dari Kesadaran Merek dapat dikatekorikan tinggi dalam mempengaruhi Keputusan Pembelian Kopi Kenangan pada konsumen. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan yang telah dilakukan.


Keywords


Kesadaran Merek; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Creswell, Jhon W. 2012. Reasearch Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kotler, Philip, & Kevin Lane Keller, 2016, Marketing Management, 15th Edition, New York: Pearson Education, Inc.

Keller Kevin Lane. 2013. Strategic Brand Management 4th Global Edition: United Kingdom: Pearson Education Limited.

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: PT Alfabeta.

Skripsi:

Hardiawan, Anandya Cahya, “Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian secara Online (Studi pada pengguna Situs Jual Beli Online Tokobagus.com)”, Skripsi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Dipenegoro Semarang, 2013.

Kurniasari, Rika Devi, “Pengaruh Inovasi Produk, Kreativitas Produk, dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing”, Skripsi, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2018.

Website:

Dewan Kopi: Tren Konsumsi Kopi Dalam Negeri Terus Meningkat | Republika Online.

Top Brand Index Beserta Kategori Lengkap | Top Brand Award (topbrandaward.com)

https://databoks.katadata.co.id/datapublishembed/111046/2021-konsumsi-kopiindonesia-diprediksi-mencapai-370-ribu-ton

STP Marketing : Pengertian dan Studi Kasus Kopi Kenangan (ihsansantoso.com)




DOI: https://doi.org/10.24853/jbk.1.1.2023.61-69

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ