IMPLEMENTASI EMPLOYEE RELATIONS DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA POSITIF BNI FATMAWATI DI MASA PANDEMI COVID-19

Tarzani Tarzani, Lilik Sumarni

Abstract


Bagian ini memuat ringkasan riset/ kajian yang terdiri dari latar belakang, tujuan penelitian, metode penelitian, hasil Dalam menghadapi situasi pandemi saat ini mengingat terjadi nya banyak penurunan dari segi performa perusahaan yang dialami hampir semua sektor industri serta berdampak kepada kondisi Citra Perusahaan. BNI Fatmawati menggunakan momentum ini sebagai landasan untuk menerapkan dan mengimplementasikan employee relations dalam keberlangsungan bisnisnya demi mencapai performa perusahaan yang lebih baik dan berkelanjutan serta dapat mempertahankan kondisi citra perusahaan yang telah dibangun selama ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Implementasi employee relations BNI Fatmawati dalam mempertahankan citra positif organisasi.(2) Bentuk-bentuk program implementasi employee relations BNI Fatmawati.(3) Kondisi citra organisasi.(4) Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Hambatan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori employee relations menurut Ruslan. dan teori citra menurut Kotler&Keller. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi dengan informan bagian Humas dan SDM. Untuk menguji keabsahan data, dilakukan uji triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu BNI Fatmawati melakukan implementasi employee relations melalui program-program seperti keterbukaan informasi manajemen, pendidikan dan pelatihan karyawan, penghargaan, special event, kemudian membentuk media komunikasi internal. Sehingga citra positif dapat dipertahankan dan implementasi employee relations ini mengalami beberapa peluang dan hambatan yang terjadi pada prosesnya.


Keywords


BNI Fatmawati; Employee Relations; Citra Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Broom M, Glen. Ling Sha, Bey. 2013. Cutlip & Center’s Effective Public Relations , International Edition . Pearson Education Limited. England

Kotler, Philip., Keller, Kevin L. 2013. Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Airlangga. Jakarta.

Moleong, Lexy, J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Ruslan, Rosady, S.H , M.M . 2016. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Siagian, Sondang P. 2012 . Manajemen Strategik, PT Bumi Aksara, Jakarta.

www.bni.co.id , diakses pada 26 Juli 2021

www.kontan.co.id , diakses pada 26 Juli 2021

www.bps.go.id , diakses pada 3 Juni 2021




DOI: https://doi.org/10.24853/jbk.1.1.2023.71-76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ