EFEKTIVITAS METODE RESITASI BERBASIS READ CHALLENGE TERHADAP KEMANDIRIAN MEMBACA SISWA DALAM HYBRID LEARNING
Abstract
Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh kemandirian membaca siswa sekolah dasar yang masih tergolong rendah, karena masih banyak siswa yang sering menghabiskan waktu luangnya dengan menonton televisi, bermain gadget, dan bermain bersama teman. Metode resitasi dilakukan dalam bentuk Read Challenge yaitu siswa diberikan tantangan oleh guru untuk melakukan kegiatan membaca, menulis, dan meringkas dari buku atau bahan bacaan yang telah ditentukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana penelitian akan menemukan fakta secara tepat. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jumlah sample penelitian 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengunaan metode resitasi berbasis read challenge efektif digunakan dalam membentuk kemandirian membaca siswa kelas tinggi khususnya di kelas IV SDI Baitul Salam, secara Hybrid Learning. Kemandirian membaca siswa tercermin dari tuntasnya hasil belajar siswa pada sebagian besar jumlah siswa di kelas IV SDI Baitul Salam. Maupun ada yang tidak tuntas dikarenakan faktor siswa memiliki slow learning.
Full Text:
PDFReferences
Aidid, I. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Metode Resitasi. CV. Bayfa Cendekia Indonesia.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV. Jejak.
Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54-60. https://doi/org/10/10.31004/jpdk.v1i2.572
Fahrurozi. (2016). Pendampingan Pengembangan Budaya Baca Siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 15(2), 97. https://doi.org.10.21580/dms.2015.152.748
Kartika R, Zulela M, Endry B, (2017). Keterampilan Membaca Cepat Melalui Metode Resitasi. Jurnal Pendidikan Dasar, http://Doi.Org/10.21009/JPD
Maharani, O.D. (2017) Minat Baca Anak-Anak Di Kampoeng Baca Kabupaten Jember. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(1), 320. https://doi.org/10.26470/jrpd.v3n1.p320-328
Minsih, & Galih, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 20. https://doi.org/10.23917/ppd/v1i1.6144
Nisa, K, & Hayumuti. (2019) Pelaksanaan Pembelajaran Al-Islam Menggunakan Metode Resitasi Pada Materi Thaharah di Kelas VOO SMP Muhammadiyah 10 Surabaya. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2),32-41
Nurtika, L. (2021). Strategi Meningkatkan Minat Baca Pada Masa Pandemi. Lutfi Gilang
Nugraheni, R, Z, Arita. (2022). Analisis penerapan pembelajaran hybridpada keterampilan literasi digital di sekolah dasar. Jurnal cakrawala pendas 8 (1). https://doi.org/1-.31949/jcp.v8i1.1931
Nuraida, A., & Khaerunnisa. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Minat Baca Dongeng Anak di Daerah Perkotaan, Journal Educational of Indonesia Language, 2(02), 45-53. https://journal.umj.ac.id/JEIL/article/view/603%0Ahttps://uml/ac/id/JEIL/article/viewFile/603/416
Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Kudus, U. M. (2020). Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 6(3)
Sutisno, A. (2017). Efektivitas Metode Resitasi Pada Pembelajaran Menulis Puisi. Bahtera Indonesia: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 31-47. https://doi.org/10.31942/bi.v2il.39
Yati Y, Sutama, Markhamah. (2022). Model Media Interaktif Articulate Storyline Untuk Menumbuhkan Kemandhirian Membaca Permulaan Perserta Didi Sd. Jurnal Keislman Dan Ilmu Pendidikan, 4 (3), 344-354. Https://Ejournal.Stitpn.Ac/Index.Php/Islamika
Zaenul, S. (2017). Gerakan Literasi Sekolah Berbasis West Java Leader’s Reading Challage. Journal Of Madrash Ibtidaiyah Education, 2580-2739.
DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.7.1.59-66
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License