Pengaruh LLingkungan di luar Sekolah Terhadap Karakter Disiplin Siswa Kelas III Sekolah Dasar

laily nurmalia, susilahati susilahati, Listiani Rita Hartini, Hema Widiawati, Sania Sania

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lingkungan di luar sekolah yang mempunyai kedudukan strategis sebagai modal utama pembangunan dan diharapkan dapat berperan sebagai penggerak, pengendali, mengarahkan dan meningkatkan karakter anak ke arah yang lebih baik. Karena sangat pantas bagi anak untuk meniru lingkungannya. Baik atau tidaknya karakter anak tergantung pada pendidikan yang diberikan oleh masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pengaruh lingkungan tempat tinggal dan lingkungan pergaulan sangat mempengaruhi sikap dan perilaku anak. Pergaulan yang buruk menimpa anak dengan cara berpikir yang menyimpang, penyebabnya juga kurangnya pengawasan orang tua, guru terhadap pergaulan anak sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh lingkungan komunitas sekolah terhadap pembentukan karakter siswa kelas III SDN Cinere 2. Penelitian ini dilakukan di kelas IIIA dan III B sebanyak 54 responden. Metode penelitian ini merupakan penelitian survei kuantitatif dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner (kuesioner) dalam bentuk kertas. Analisis regresi linier sederhana diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,022 < 0,05, hal ini menyatakan bahwa variabel lingkungan masyarakat (X) berpengaruh terhadap variabel pembentukan karakter disiplin (Y). Uji signifikansi uji t lingkungan masyarakat terhadap pembentukan karakter disiplin sebesar 2,367 > 2,007 dikatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel independen lingkungan masyarakat terhadap variabel dependen karakter disiplin siswa. Uji hipotesis hasil R-Square sebesar 0,097 atau dapat dikatakan pengaruh lingkungan masyarakat (X) terhadap pembentukan karakter disiplin (Y) sebesar 9,7%. Dimana sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.


Full Text:

PDF

References


Amri, S., Jauhari, A., & Elisah, T. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter dalam pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Dakhi, A. S. (2020). Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Yrama Widya.

Ginanjar, M. H. (2013). Urgensi Lingkungan Pendidikan Sebagai Mediasi Pembentukan Karakter Peserta Didik. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 376-396.

Kusumawati, O., Wahyudin, A., & Subagyo. (2017). Pengaruh Pola Asuh, Lingkungan Masyarakat dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kecamatan Bandungan. Educational Management, 6(1), 87-94.

Leo, A. (2011). Character Education Integration in Social Studies Learning. International Journal of History Education, XII(2), 392.

Mansur, R. (2017). Lingkungan yang Mendidik Sebagai Wahana Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 38.

Nurmalia, L., & Setianingsih, D. (2019, Oktober). Peningkatan Karakter Murid Melalui VCT pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Cengkareng Timur 21 Jakarta Barat. Prosiding SEMNASFIP, 53.

Nurmalia, L., Admelia, M., Farhana, N., & Koyimah. (2021). Analisis Keterlibatan Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. PRIMARY Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10, 1656.

Pantu, A., & Luneto, B. (2014). Pendidikan Karakter dan Bangsa. Al-Ulum, 14(1), 153-170.

Poondej, C., & Lerdpornkulrat, T. (2016). Relationship Between Motivational Goal Orientations, Perceptions of General Education Classroom Learning Environment, and Deep Aproaches to Learning. Kasetsart Journal Of Social Sciences, 37(2), 100-103.

Tabi'in, A. (2017). Pengelolaan Pendidikan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Studi Kasus di Al-Muna Islamic Preschool Semarang. AWLADY. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1).

Wahyuni, & Husna, N. (2020). Pengaruh Lingkungan Terhadap Minat dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus di SMA Negeri 12 Banda Aceh). Pena Edukasi, 7(2), 2.

Wardiani, I., & Suryatman. (2018). Peran Lingkungan Keluarga Dan Masyarakat Dalam Membentuk Kepribadian Dan Perilaku Sosial Anak Usia SMP Di Wilayah Pesisir Mundu Kabupaten Cirebon. Edueksos, 7(2), 138.




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.8.1.54-62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

  

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ