PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA BALOK (Eksperimen Pada Siswa SD Labschool FIP-UMJ
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.3.1.13-22Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang proses peningkatan kemampuan hasil belajar matematika melalui media balok di SD Labschool FIP-UMJ yang dilaksanakan mulai pada bulan September 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Tahapan penelitian tindakan kelas meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas 2.1. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah test tulis. Penggunaan metode analisis data ketercapaian minimal 75%. Berdasarkan penelitian melalui media balok anak mendapatkan pemahaman konsep-konsep penting dalam pemecahan matematik, dengan memberikan permainan balok sehingga melatih anak memiliki pengertian konkret dari konsep-konsep dalam berfikir logis. Anak belajar penjumlahan, pengurangan dan perkalian. Hasil analisis data pra siklus, didapat sebesar 32% kemudian siklus I didapatkan sebesar 68%, untuk siklus II diperoleh sebesar 83%, dapat dikatakan setiap siklus meningkatReferences
Asfandiyar, Andi Yudha (2013). Kenapa Guru Harus Kreatif?, Bandung: Mizan
Early Child Development Projrct (2012) Alat Permainan Edukatif (APE) Balok Unit Untuk Pusat PADU
James P.Spradle (1992), Participant Observation. New York.Me Graw-Hill Book Company
Kemis dan Taggart (1997). The Action Research Planner. Australia: Deakin University, LSD.
Kurikulum 2004 Standar Kompetensi. Jakarta: Depdiknas. 2006
Asmawati, Luluk dkk (2011). Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Megawati, Ratna dkk. (2004). Pendidikan yang Patut dan Menyenangkan. Penerapan teori DAP. Indonesia Heritage Foundation. Bogor.
Musfiroh, Tadkiroatun (2008). Cerdas melalui Bermain. Jakarta: Grasindo. Sriningsih,Nining. Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas. 2008
Patmonodewo, Soemiarti (1995). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Pedoman Penerapan pendekatan BCCT dalam pendidikan anak usia dini. Departemen Pendidikan Nasional. 2006
Samsiah (2008). Calistung pada Anak Usia Dini. Jakarta: Cahaya Mentari Nasution.
Soemiarti, Patmonodewo (2003). Pendidikan Anak Pra Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono (2008), Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta
Suharsimi, Arikunto, dan Suharjono dan Supardi (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Thomas, Amstrong (1996), Multiple Intelligences in The Classroom, Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development.
Utami, Munandar (1999), Pengembangan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Wijaya Kusumah dan Dedi Dwitagama (2009). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks
Wayan, Nurkancana, dkk. (2006), Evaluasi Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional.
Yuliani, Nurani Sujiono (2008), Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).