PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA BALOK (Eksperimen Pada Siswa SD Labschool FIP-UMJ

Ahmad Susanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang proses peningkatan kemampuan hasil belajar matematika melalui media balok di SD Labschool FIP-UMJ yang dilaksanakan mulai pada bulan September 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Tahapan penelitian tindakan kelas meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas 2.1. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah test tulis. Penggunaan metode analisis data ketercapaian minimal 75%. Berdasarkan penelitian melalui media balok anak mendapatkan pemahaman konsep-konsep penting dalam pemecahan matematik, dengan memberikan permainan balok sehingga melatih anak memiliki pengertian konkret dari konsep-konsep dalam berfikir logis. Anak belajar penjumlahan, pengurangan dan perkalian. Hasil analisis data pra siklus, didapat sebesar 32% kemudian siklus I didapatkan sebesar 68%, untuk siklus II diperoleh sebesar 83%, dapat dikatakan setiap siklus meningkat

Full Text:

PDF

References


Asfandiyar, Andi Yudha (2013). Kenapa Guru Harus Kreatif?, Bandung: Mizan

Early Child Development Projrct (2012) Alat Permainan Edukatif (APE) Balok Unit Untuk Pusat PADU

James P.Spradle (1992), Participant Observation. New York.Me Graw-Hill Book Company

Kemis dan Taggart (1997). The Action Research Planner. Australia: Deakin University, LSD.

Kurikulum 2004 Standar Kompetensi. Jakarta: Depdiknas. 2006

Asmawati, Luluk dkk (2011). Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Megawati, Ratna dkk. (2004). Pendidikan yang Patut dan Menyenangkan. Penerapan teori DAP. Indonesia Heritage Foundation. Bogor.

Musfiroh, Tadkiroatun (2008). Cerdas melalui Bermain. Jakarta: Grasindo. Sriningsih,Nining. Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas. 2008

Patmonodewo, Soemiarti (1995). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Pedoman Penerapan pendekatan BCCT dalam pendidikan anak usia dini. Departemen Pendidikan Nasional. 2006

Samsiah (2008). Calistung pada Anak Usia Dini. Jakarta: Cahaya Mentari Nasution.

Soemiarti, Patmonodewo (2003). Pendidikan Anak Pra Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono (2008), Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta

Suharsimi, Arikunto, dan Suharjono dan Supardi (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Thomas, Amstrong (1996), Multiple Intelligences in The Classroom, Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development.

Utami, Munandar (1999), Pengembangan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Wijaya Kusumah dan Dedi Dwitagama (2009). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks

Wayan, Nurkancana, dkk. (2006), Evaluasi Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional.

Yuliani, Nurani Sujiono (2008), Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.3.1.13-22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ