PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL CONTROVERSIAL ISSUE

Authors

  • Ahmad Susanto Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Lativa Qurrotaini Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Noorliana Mulyandini Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24853/holistika.4.2.71-76

Abstract

ABSTRAKSiswa kelas IV SDN Waru 01 masih rendah kemampuannya dalam berpikir kritis. Rendahnya kemampuan berpikir kritis pada anak didik bisa diperoleh dari hasil pengamatan saat proses belajar mengajar. Banyak siswa yang belum mampu untuk mengemukakan pendapat saat ditanyakan pandangan mereka terhadap topik pembelajaran yang sedang dipelajari. Tujuannya yaitu untuk membuat kemampuan dalam berpikir kritis siswa menjadi meningkat memakai model controversial issues. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan berpikir kritis siswa hingga mencapai target yang telah ditentukan yaitu 85% dengan melakukan beberapa kali tindakan di kelas menggunakan model controversial issues.Kata kunci: Kemampuan berpikir kritis siswa, Controversial issues

References

Harsanto, Radno. (2005). Melatih Anak Berpikir Analistis, Kritis, dan Kreatif. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Komalasari, Kokom (2014). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Ngalimun. Fauzani, H. Muhammad. Salabi, Ahmad. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswajaya Pressindo.

Suparna, Dadang. (2015). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Perspektif Filosofi dan Kurikulum. Jakarta: PT Bumi Aksara

Trianto, (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2020-11-25

How to Cite

Susanto, A., Qurrotaini, L., & Mulyandini, N. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL CONTROVERSIAL ISSUE. Jurnal Holistika, 4(2), 71–76. https://doi.org/10.24853/holistika.4.2.71-76

Issue

Section

Articles