PEMBELAJARAN ONLINE MEMAKAI ZOOM MEETING DI FIP UMJ

Zulfitria Zulfitria, Happy Indira Dewi, Ahmad Susanto

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi adanya wabah virus Covid-19 sehingga setiap sekolah maupun universitas melakukan sistem pembelajaran online. Aplikasi yang digunakan ialah zoom meeting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) respon mahasiswa tentang mudah tidaknya mengakses zoom meeting, 2) respon mahasiswa tentang paham tidaknya materi yang disampaikan dalam pembelajaran dengan zoom meeting, 3) respon mahasiswa efektif tidaknya pembelajaran dengan zoom meeting, dan 4) respon mahasiswa setuju tidak dalam penggunaan zoom meeting selama pembelajaran. Penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan teknik survey berupa wawancara dan pengisian pertanyaan secara online yang diberikan kepada mahasiswa semester 3 ESD sebanyak 34 orang pada semester genap 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 85,2% mahasiswa menyatakan kemudahan mengakses zoom meeting, 73,5% mahasiswa menyatakan paham ketika materi pembelajaran dengan zoom meeting, 70,5% mahasiswa menyatakan perkuliahan lebih efektif dengan zoom meeting, dan 64,95% mahasiswa setuju dalam penggunaan zoom meeting selama perkuliahan.
Kata kunci: pembelajaran online, zoom meeting


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Abdillah, L. A., & Darma, U. B. (2020). Online Learning Menggunakan Zoom Teleconference. Website : http://eprints.binadarma.ac.id/4162/2/Abdillah2020%20%5BOnline%20Learning%20Menggunakan%20Zoom%20Teleconference%5D%202020415.pdf

Allandro (2018). Digital skills and competence and digital andonline learning. Turin: European Training Foundation

Belawati, Tian (2019), Belajar Online, Edisi 1, Cetakan 1. Pamulang: Universitas Terbuka.

Darmalaksana, W., Hambali, R. Y. A., Masrur, A., & Ushuluddin, F. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. 1–12. Retrived from.http://sinta.ristekbrin.go.id/covid/penelitian/detail/9

Dhull and Sakshi (2017). Online Learning International Education. Research Journal (IERJ) 3(8). 32-34

Haqien, Danin. Rahman, Aqiilah Afiifadiyah (2020) Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemei Covid-19. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. SAP (Susunan Artikel Pendidikan) Vol. 5 No. 1 Agustus 2020 p-ISSN: 2527-967X e-ISSN: 2549-2845 5

IG Ayu dan N Budiasih. ( 2013) Metode Graunded Theory dalam Riset Kualitatif. Ilmu akun dan bisnis. Pp 19-27

Ismawati, D dan Prastyo, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. file:///C:/Users/Acer/Downloads/671-3598-2-PB.pdf

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067.

Rahmawati, I. (2016). Pelatihan Dan Pengembangan Pendidikan Jarak Jauh Berbasis Digital Class Platform Edmodo. November, 593–607. http://repository.ut.ac.id/6536/

Zulfikar (2020). Efektifitas Penggunaan Media Zoom terhadap masa pandem




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.127-132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

  

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ