PEMBELAJARAN ONLINE MEMAKAI ZOOM MEETING DI FIP UMJ
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.127-132Abstract
ABSTRAKPenelitian ini dilatar belakangi adanya wabah virus Covid-19 sehingga setiap sekolah maupun universitas melakukan sistem pembelajaran online. Aplikasi yang digunakan ialah zoom meeting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) respon mahasiswa tentang mudah tidaknya mengakses zoom meeting, 2) respon mahasiswa tentang paham tidaknya materi yang disampaikan dalam pembelajaran dengan zoom meeting, 3) respon mahasiswa efektif tidaknya pembelajaran dengan zoom meeting, dan 4) respon mahasiswa setuju tidak dalam penggunaan zoom meeting selama pembelajaran. Penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan teknik survey berupa wawancara dan pengisian pertanyaan secara online yang diberikan kepada mahasiswa semester 3 ESD sebanyak 34 orang pada semester genap 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 85,2% mahasiswa menyatakan kemudahan mengakses zoom meeting, 73,5% mahasiswa menyatakan paham ketika materi pembelajaran dengan zoom meeting, 70,5% mahasiswa menyatakan perkuliahan lebih efektif dengan zoom meeting, dan 64,95% mahasiswa setuju dalam penggunaan zoom meeting selama perkuliahan.Kata kunci: pembelajaran online, zoom meetingReferences
REFERENSI
Abdillah, L. A., & Darma, U. B. (2020). Online Learning Menggunakan Zoom Teleconference. Website : http://eprints.binadarma.ac.id/4162/2/Abdillah2020%20%5BOnline%20Learning%20Menggunakan%20Zoom%20Teleconference%5D%202020415.pdf
Allandro (2018). Digital skills and competence and digital andonline learning. Turin: European Training Foundation
Belawati, Tian (2019), Belajar Online, Edisi 1, Cetakan 1. Pamulang: Universitas Terbuka.
Darmalaksana, W., Hambali, R. Y. A., Masrur, A., & Ushuluddin, F. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. 1–12. Retrived from.http://sinta.ristekbrin.go.id/covid/penelitian/detail/9
Dhull and Sakshi (2017). Online Learning International Education. Research Journal (IERJ) 3(8). 32-34
Haqien, Danin. Rahman, Aqiilah Afiifadiyah (2020) Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemei Covid-19. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. SAP (Susunan Artikel Pendidikan) Vol. 5 No. 1 Agustus 2020 p-ISSN: 2527-967X e-ISSN: 2549-2845 5
IG Ayu dan N Budiasih. ( 2013) Metode Graunded Theory dalam Riset Kualitatif. Ilmu akun dan bisnis. Pp 19-27
Ismawati, D dan Prastyo, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. file:///C:/Users/Acer/Downloads/671-3598-2-PB.pdf
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067.
Rahmawati, I. (2016). Pelatihan Dan Pengembangan Pendidikan Jarak Jauh Berbasis Digital Class Platform Edmodo. November, 593–607. http://repository.ut.ac.id/6536/
Zulfikar (2020). Efektifitas Penggunaan Media Zoom terhadap masa pandem
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).