PENGENDALIAN PERSEDIAAN GUNA MENGOPTIMALKAN PENJUALAN BERBASIS SISTEM INFORMASI PADA OUTLET GRIYA QURROTA

Febrina Sulistiyanti, Meri Prasetyawati, Renty Anugerah Mahaji Puteri

Abstract


Outlet Griya Qurrota merupakan salah satu distributor yang bergerak di bidang industri barang, seperti baju koko, baju gamis, peci. Masalah persediaan merupakan salah satu masalah yang harus diperhatikan oleh perusahaan, karena persediaan memiliki peran yang sangat penting dalam kelancaran operasional usaha. Outlet Griya Qurrota saat ini belum menerapkan pengendalian persediaan sehingga menyebabkan banyaknya overstock, sehingga persediaan barang yang dilakukan Outlet Griya Qurrota belum optimal. Oleh karena itu diperlukan pengendalian persediaan untuk menganalisis tingkat persediaan yang optimum.

Tahapan peramalan dilakukan untuk mengetahui jumlah permintaan dengan menggunakan Software POM-QM for Windows. Metode pengendalian persediaan yang digunakan di Outlet Griya Qurrota yaitu Metode lot size diantaranya adalah EOQ (Economic Order Quantity), POQ (Periodic Order Quantity), metode PPB (Part Period Balancing). Perusahaan dalam pengendalian persediaan dibuatkan sistem informasi menggunakan database acces 

Hasil yang didapatkan bahwa pengendalian persediaan paling optimal untuk produk Gamis Remaja, NGS 099 MOON WHITE 3L, NGS 098 PURE BLACK 3L menggunakan metode EOQ (Economic Order Quantity). Dimana kuantitas pembelian sekali pesan Gamis Remaja, NGS 099 MOON WHITE 3L, NGS 098 PURE BLACK 3L secara berurutan sebanyak 190 pcs, 189 pcs, 172 pcs, dengan frekuensi pemesanan sebanyak 15 kali dalam setahun. Sehingga total biaya persediaan menggunakan metode EOQ otomatis lebih kecil yaitu sebesar Rp 11.979.132. Sistem informasi menggunakan Data Base Microsoft Access didapatkan Data barang dagang, Data kebutuhan Barang Dagang. Dengan adanya pengendalian persediaan dapat mengurangi overstock pada Outlet Griya Qurrota.

Keywords


Inventory Control; Forecasting; EOQ; Information Systems

Full Text:

PDF

References


Annisa Purbasari, H. I. (2022). Analisis Perbandingan Metode EOQ dan POQ

dalam Pengendalian Persediaan Bahan Cutting Disk dan Carbon Gouging Di PT. STP. Jurnal Profisiensi, 1-16.

Dharma Agista Pratama, S. H. (2020). Analisis Peramalan Permintaan dan Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pembantu Pada Industri Gula. Jurnal Penelitian Pertanian Terapan, 148-159.

Firmansyah, R. D. (2022). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Persediaan UD. X. Jurnal Riset Teknik Industri, 47-56.

Fredriksz, G. (2022). Peramalan Permintaan Produk Tirai Menggunakan Metode Moving Average dan Exponensial Smooting . Jurnal JRMA, 107-121.

Hary Fandeli, R. L. (2022). Kebijakan Persediaan Bahan Baku Singkong Dengan Metode EOQ pada UMKM Kripik Balado. Jurnal Marostek, 226-232.

Iwan, E. I. (2018). Analisa Peramalan Permintaan Mobil Mitsubishi Xpander dengan Tiga Metode Forecasting. Jurnal Humaniora BSI, 249-256.

Malica Putri Amdes, F. M. (2019). Penerapan Metode EPP dan Metode PPB dalam Perencanaan Pengendalian Persediaan Alat Suntik Pada Perusahaan Farmasi. Jurnal Penelitian Sains, 168-174.

Prima Fithri, R. A. (2020). Minimasi Biaya Persediaan Batubara dengan Pendekatan EOQ . Jurnal Teknik Industri, 79-85.

Seppy Ayu Rachmawati, L. S. (2021). Sistem Pengendalian Persediaan Barang Berbasis Website dengan Metode EOQ dan Reorder Point. Jurnal Ilmu Komputer, 116-124.

Trihudiyatmanto, M. (2018). Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku dengan Menggunakan Metode EOQ pada CV Jaya Gemilang Wonosobo. Jurnal PPKM, 220-234.




DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.10.1.53-66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ