PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK AUTIS MELALUI PEMANFAATAN MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR

Achlisha Maulida, Zulfitria Zulfitria

Abstract


The writing of this is motivated by the low level of interpersonal intelligence of autistic children, so the researcher has several objectives: 1) to know the level of interpersonal children's intelligence on learning by using puzzle media, 2) to measure children ability in using puzzle during classroom learning. The result of the research at UMM Labshool Elementary School UMJ shows that the level of interpersonal intelligence of children with autism is still not well developed. This is evidenced by the passivity of children during group study in the classroom, and still not interested to join with other friends. The results of this study are expected to be useful to relevant parties who can take advantage of such as principals, classroom teachers, parents, shadow teachers, and researchers.

 

Penulisan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kecerdasan interpersonal anak autis, sehingga peneliti mempunyai beberapa tujuan yaitu: 1) untuk mengetahui tingkat kecerdasan interpersonal anak autis terhadap pembelajaran dengan menggunakan media puzzle, 2) untuk mengukur kemampuan anak dalam menggunakan puzzle pada saat pembelajaran di kelas. Hasil penelitian di Sekolah Dasar Labshool FIP UMJ menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan interpersonal anak autis masih belum berkembang dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan pasifnya anak pada saat belajar kelompok di kelas, dan masih belum tertarik untuk bergabung dengan teman-teman yang lain. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat kepada pihak-pihak terkait yang dapat memanfaatkan seperti kepala sekolah, guru kelas, orang tua, shadow teacher, serta peneliti


Full Text:

PDF

References


Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Medika.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya Jakarta.

Elfawati. 2012. Meningkatkan Pengenalan Bangun Datar Sederhana Melalui Media Puzzle Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus 1 (3): 198-207.

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada Jakarta.

Kusmayadi, Ismail, S.Pd. 2011. Membongkar Kecerdasan Anak. Jakarta: PT Buku Kita.

Moleong, J. Lexy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Safaria. Wiranataputra, Udin. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sari, Y.Sari, and Fatmawati. 2013. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vocal Melalui Media Puzzle Huruf Bagi Anak Slow Learner. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus 1 (3): 212-221.

Slameto. 2010. Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suyono dan Hariyanto. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tirtarahardja, Umardan S. L. La Sulo. 2008. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Vernanda, G, dan Yunus, M. 2013. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vocal Melalui Media Puzzle Bagi Anak Kesulitan Belajar Kelas II SDN 18 Koto Luar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus 2 (3): 692-704.

Yaumi Muhammad, dan Ibrahim Nurdin. 2013. Kecerdasan Jamak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yuwono, Joko. 2012. Memahami Anak Autistik. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ