PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.2.1.%25pAbstract
Pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa . Penelelitian ini dilatarbelakangi oleh hipotesis penelitian yang adanya pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa.Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa . Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelas IV yang berjumlah 48 siswa, teknik sampling menggunakan sampling jenuh.Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan teknik uji chi-square. Hasil penelitian ini dapat dikatakan signifikan, diketahui maka X²hitung > X²tabel (36,2 > 16,9) pada taraf signifikasi 5% . Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara latar belakang pendidikan orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Perigi 03. Semakin tinggi pendidikan orang tua semakin tinggi juga prestasi belajarnya.References
Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian
Pendidikan dan Sosial (Teori Konsep
Dan Dasar Implementasi). Bandung:
Alfabeta
Djamarah Syaiful Bahri. 2004. Pola
Komunikasi Orang Tua dan Anak
Dalam Keluarga. Jakarta :Renika Cipta
Hamdani, 2011.Strategi Belajar Mengajar.
Bandung: Pustaka Setia
Hamalik, Oemar, 2013. Proses Belajar
Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Ihsan, Fuad, 2011. Dasar-Dasar Kependidikan.
Jakarta: Renika Cipta
Ihsan, Fuad, 2010. Dasar-Dasar
Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta
Purwanto, Ngalim. 2011. Ilmu Pendidikan
Teoritis dan Praktis. Bandung: Rosda
karya
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sholehuddin.2010. Pendidikan Sebagai Basis
Penguatan Kerukunan Masyarakat.
Depok: Bina Muda Cipta Reaksi
Siregar Syofian, 2013. Metode Penelitian
Kuantitatif Perhitungan Manual dan
SPSS. Jakarta: Kencana
Tatang, 2016.Supervisi Pendidikan. Bandung:
Pustaka Setia
Tu’u, Tulus. 2014. Peran Disiplin Pada
Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta:
Grasindo
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).