PENGARUH PEMANFAATAN ALAM SEKITAR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.6.2.80-84Abstract
Penelitian ini di latar belakangi dengan rendahnya motivasi siswa dalam pembelajaran IPA, permasalahan ini dikarenakan guru yang masih menggunakan metode ceramah pada saat kegiatan pembelajaran IPA berlangsung. Sehingga penulis tergerak untuk meneliti sambil memberikan solusi dengan menerapkan pendekatan alam sekitar. Adapun tujuan penelitian ini untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa melalui pemanfaatkan alam disekitar. Metode yang digunakan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan pendekatan posttest-only control design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan alam sekitar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan uji t telah diketahui nilai t hitung sebesar 3,936 > 1.690 serta nilai signifikansinya sebesar 0,000 bahwa nilai signifikansinya < 0,05. Kemudian dilihat dari hasil R-Square bahwa terdapat pengaruh sebesarh 8,5%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat kepada pihak-pihak terkait. . Kata kunci: Pemanfaatan Alam Sekitar, Motivasi Belajar, Pembelajaran IPAReferences
Fathurrohman & Sobry, M.S. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.
Hanafiah, Nanang & Suhana, Cucu. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Istialina. (2016). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Pada Subtema Hewan Dan Tumbuhan Di Lingkungan Rumahku Kelas IV SD Negeri Jeumpa Kabupaten Bireuen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD 1(1):60
Nana, Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Samatowa, Usman. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.
Sardiman. (2009). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Downloads
Published
2022-12-08
How to Cite
Kusumawardani, S., Santi, A. U. P., & Pratiwi, D. L. (2022). PENGARUH PEMANFAATAN ALAM SEKITAR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD. Jurnal Holistika, 6(2), 80–84. https://doi.org/10.24853/holistika.6.2.80-84
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).