PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU SAKU DIGITAL MATERI MITIGASI BENCANA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.57-64Abstract
ABSTRAKPendidikan merupakan bagian dalam upaya mencerdaskan. Indonesia merupakan negara jumlah masyarakatnya banyak dunia serta letak geografis negara ini yang berada di garis lintang katulistiwa berbentuk kepulauan menjadi identik negara ini. Dampak kejadian ekstrim sering terjadi dan sangat merugikan Bencana yang terjadi diberbagai wilayah di Indonesia hampir menyeluruh, bahkan ditempat yang dirasa amanpun terkadang masih terjadi bencana. Metode peneliti dalam penelitian ini adalah model Pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE sesuai digunakan dalam pengembangan oembelajaran pada setiap tahapan model ADDIE terdapat revisi dan evaluasi. Tahap pada model ADDIE ini bertujuan untuk mengembangkan Bahan ajar Buku saku digital yang dapat dijadikan media pembelajaran daring pembelajaran Mitigasi bencana dengan memanfaatkan melalui Hp dan sebagainya. Bersumber pada hasil validasi ahli materi mendapat skor kevalidan 92,91% dengan kriteria Sangat Valid, hasil penilaian ahli media mendapat skor 92,5% dengan kriteria Sangat Valid. Bahan ajar buku saku digital Mitigasi bencana valid dan dapat diuji cobakan kepada siswa dan guru. Berikutnya hasil uji coba respon siswa mendapatkan skor 81,41% dan uji coba respon guru skor 84,89% ketegori sangat praktis. Berdasarkan hasil kedua uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar buku saku digital mitigasi bencana valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran Tematik IPS.Kata kunci: Buku Digital, ADDIE, Mitigasi BencanaReferences
REFERENSI
Aminudin. 2013. Mitigasi dan Kesiapsiagaan Bencana Alam. Bandung: PT Angkasa.
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo Persada.
Emzir. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers
Fadhli, Aulia. 2019. Mitigasi Bencana. Yogyakarta: Gava Media
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Monica, Widya A & Qurrotaini, L. 2019. Pengembangan Media Evaluasi Berupa Permainan Dona (Ludo Fauna) Pada Materi Daur Hidup Hewan. Prosiding SEMNASFIP
Prastowo, Andi. 2016. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogjakarta: Diva Press.
Pribadi Agus, P & Putri Dewi A.P. 2019. Pengembangan Bahan Ajar. Banten: Universitas Terbuka.
Setyosari, Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group
Siyoto S & Sodik A. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).